nyedulur.com

Cermati Bentuk dan Kegunaan Polisi Tidur, Perhatikan Cara Aman saat Melintasinya

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Detik.

Polisi tidur merupakan alat untuk membatasi kecepatan. Polisi tidur juga bisa disebut markah kejut yang berfungsi menghindari kendaraan melaju cepat.

Umumnya polisi tidur ditaruh di dalam perkampungan, perumahan, atau di jalan yang rawan kecelakaan. Itu sebabnya, tinggi polisi tidur didesain tidak membahayakan. Ukurannya cukup beragam.

Tetapi masih dijumpai polisi tidur yang dibuat asal-asalan. Akibatnya bisa membahayakan pengendara dan merusakaan kendaraan.

Jika ditelisik lebih lanjut, sebagian polisi tidur yang dibuat di Indonesia melangar keputusan Menteri Perhubungan No 3 Tahun 1994. Sebetulnya ada beberapa trik melintasi polisi tidur dengan aman.

Dilansir dari CNN Indonesia, saat akan melewati polisi tidur, pastikan mengurangi kecepatan perlahan. Kemudian lintasi polisi tidur dengan kecepatan seminimal mungkin, terlebih buat gundukan yang terbilang tinggi.

Tujuannya agar ban kendaraan tidak membentur keras. Dengan demikian, bisa menghindari risiko loncat atau gesekan bagian bawah kendaraan.

Sering menghantam polisi tidur tanpa mengurangi kecepatan bisa merusak suspensi sekaligus mengurangi kerapatan komponen. Misalnya membuat penghubung panel bodi plastik longgar, karena getaran kuat.

Rumus melalui polisi tidur yakni semakin tinggi ukurannya, berarti harus dilintasi dengan kecepatan lebih rendah. Buka pedal gas setelah ban belakang selesai melintasi polisi tidur.

Anda pasti sering menemukan polisi tidur kecil berderet dua sampai tiga buah. Jika melewati jalanan dengan polisi tidur seperti ini pastikan cari titik polisi tidur dengan ketinggian sama rata.

Dari jauh, Anda pasti dapat melihatnya. Selanjutnya memperkirakan titik mana yang bisa dilewati dengan mudah.

Kondisi polisi tidur yang tidak rata atau tinggi sebelah, tentu menyulitkan pengendara saat melintasinya. Hal itu juga dapat menyebabkan terjadinya benturan yang tidak diinginkan.

Bagaimana jika tak sadar ada polisi tidur? Ini solusinya.

Artikel Lainnya