Cerita Bupati Banyuwangi Tentang Bang Dzoel, Fotografer Disabilitas Curi Perhatian Ipuk, Ini Kisahnya

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Merdeka.

Ada cerita lain di balik pelantikan Bupati dan Wakil Banyuwangi. Ipuk Festiandani bersama wakilnya, Sugirah dilantik Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, pada 26 Februari silam.

Ipuk, yang juga istri Abdullah Azwar Anas, mantan Bupati Banyuwangi, menyampaikan kisahnya saat dilantik. Di mana salah satu sesi pemotretan dilakukan sosok penyandang disabilitas.

Padahal, lazimnya di pemerintah daerah, sesi pemtretan dilakukan OPD. Salah satunya adalah Dinas Komunikasi dan Informasi. Tapi Ipuk, memilih Achmad Dzulkarnain atau Bang Dzoel.

Bang Dzoel menjadi pembicaraan. Dia menyelesaikan tugasnya mengabadikan foto pasangan Ipuk Festiandani dan Sugirah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Ipuk sengaja memilih Bang Dzoel untuk mengambil gambar pertama kali dengan mengenakan pakaian dinas resmi untuk upacara besar (PDUB).

Diunggah di akun Instagram-nya, @ipukfdani, menyampaikan terima kasih kepada Bang Dzoel atas sesi pemotretan tersebut.

“Terima kasih Mas Achmad Dzulkarnain @bangdzoel_ sudah bersedia mengambil gambar untuk saya dan Pak Sugirah mengenakan pakaian dinas untuk kali pertama," tulis Ipuk di akun Instagram.

“@bangdzoel_ seorang fotografer yang inspiratif. Memulai semuanya dari nol. Berawal dari petugas penjaga warung internet (warnet), menjadi petugas foto untuk KTP, kemudian bekerja di kantor advokat dan @bangdzoel_ membeli kamera dengan cara mengangsur. Dia belajar fotografi secara otodidak. Dan kini, karya-karyanya dikenal banyak orang. Salut!” Ipuk menambahkan.

Mengutip Merdeka, Bang Dzoel saat dihubungi mengaku senang bisa memotret Ipuk dan Sugirah pada kesempatan pertama mengenakan seragam resmi PDUB.

“Tentu saya sangat bangga bisa memotret langsung bupati dan wakil bupati Banyuwangi untuk pertama kalinya. Ini kesempatan langka, bisa memotret Bu Ipuk dan Pak Sugirah mengenakan seragam putih-putih,” kata Bang Dzoel.

Pria murah senyum itu datang dari Banyuwangi ke Surabaya untuk memotret langsung Ipuk-Sugirah. Dia tiba di Surabaya satu hari menjelang pelantikan bupati dan wakil bupati Banyuwangi.

Bang Dzoel memotret Ipuk-Sugirah dengan berbagai pose. Dalam foto-foto yang diunggah Ipuk di Instagram, Bang Dzoel tampak memakai kemeja batik dan topi hitam yang menjadi ciri khasnya.

“Tentu moment ini tidak akan saya lupakan,” tambah Dzoel.

Bang Dzoel juga berpesan kepada pemimpin baru Banyuwangi itu agar terus memperhatikan dan memberi ruang bagi para penyandang disabilitas.

“Saya minta kepada Bu Ipuk bisa terus dan kian memperhatikan kami,” katanya.

Artikel Lainnya