nyedulur.com

Catat, Ini Jadwal Hujan Meteor di Indonesia, Ajak Pacar Saksikan Keindahan Fenomena Alam

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Metro.co.uk

Hujan meteor merupakan fenomena alam yang dianggap langka. Tapi ingat, jangan lihat sendiri. Ajaklah pacar untuk menyaksikan. Sebab hujan meteor menjadi daya tarik untuk diamati. Sayang jika dilewatkan.

Kendati terbilang jarang terjadi, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengumumkan jika 12 fenomena puncak hujan meteor akan terjadi sepanjang tahun 2021 ini.

Dilansir dari CNN Indonesia, seluruh puncak hujan meteor itu dapat diamati tanpa alat bantu. Bisa melotot di malam hari. Asal berada di lokasi dan waktu yang tepat. Satu lagi, cuaca yang cerah dan mendukung.

LAPAN menyampaikan hujan meteor Quadrantid berlangsung sejak 12 Desember 2020 hingga 12 Januari. Puncak hujan meteor itu terjadi pada 4 Januari 2021 ketika fase Bulan susut.

Quadrantid bukan berasal dari komet, tetapi berasal dari asteroid 2003 EH1. Puncak hujan meteor itu dapat terlihat paling jelas di belahan bumi bagian Utara. Sebab posisi titik radian atau arah datangnya Quadrantid berada di langit utara.

Hujan meteor Lyrid dimulai pada 16-26 April 2021. Puncak aktivitas Lyrid terjadi pada tanggal 22 April 2021 sekitar pukul 19.00 WIB. Sehingga waktu kenampakan terbaik baru dapat disaksikan ketika radian Lyrid terbit sejak pukul 22.00 WIB.

Lyrid berada dari sisi debu ekor komet C/1961 G1 Thatcher. Hujan meteor itu diketahui sudah ada dan teramati sejak 2.600 tahun yang lalu. Sehingga, hujan meteor Lyrid dinilai sebagai hujan meteor yang paling lama keberadaannya.

Selain itu, hujan meteor Eta Aquarid muncul sekitar pertengahan bulan April hingga Mei 2021. Puncak hujan meteor itu diprediksi terjadi pada 6 Mei 2021.

Waktu pengamatan puncak hujan meteor bisa dilakukan sekitar pukul 01.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB, dengan titik radian tertinggi terjadi sekitar pukul 04.00 WIB.

Eta Aquarid berasal dari serpihan komet Hally yang muncul setiap 76 tahun sekali. Lama pakai banget. Masih ada lho, beberapa hujan meteor yang bisa dinikmati di Indonesia. Ini dia.

Artikel Lainnya