Catat Ini, Diet Tanpa Nasi Bisa Berbahaya, Sebabkan Koma, Begini Penjelasan Ahli

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Memiliki berat badan yang ideal tentu dambaan bagi setiap insan. Tak heran banyak yang berlomba-lomba untuk melakukan program diet.

Tak sedikit melakukan diet ketat demi mendapatkan hasil yang cepat. Seperti tidak mengonsumsi karbohidrat, baik dari nasi maupun sumber karbohidrat lain.

Namun, tahukah Anda jika hal tersebut dapat membahayakan kesehatan. Sebab tubuh tetap membutuhkan karbohirat meski menjalani diet. Banyak dampak yang ditimbulkan bila kekurangan karbohidrat.

Dilansir dari CNN Indonesia, pada tahap awal tubuh bakal mengalami kelelahan karena tak ada sumber tenaga yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya tubuh lemas dan tak sanggup melakukan aktivitas.

Seperti dikutip dari SF Gate, ketosis terjadi saat tubuh kehabisan karbohidrat dan memecah lemak sebagai energi. Gejala ketosis meliputi sakit kepala, mual, sulit berkonsentrasi, dan mengalami bau mulut. Yang terakhir ini nggak enak. Mulut bau.

Saat tubuh tidak mengonsumsi karbohidrat, tubuh akan kehilangan berat badan. Tapi proses ini bukan hal yang baik. Sebab, tubuh terus-terus merasa lelah.

Organ di dalam tubuh juga tak bisa bekerja maksimal karena kurang pasokan energi. Dalam jangka waktu yang lama berisiko menyebabkan kerusakan organ.

Karbohidrat diolah menjadi gula oleh tubuh sebagai sumber tenaga. Profesor ahli gizi FKUI Saptawati Bardosono menjelaskan karbohidrat yang tidak terpenuhi dapat menyebabkan kadar gula darah menurun.

Waspada. Ini penjelasan Saptawati akan bahaya diet tanpa nasi.

Artikel Lainnya