Cantiknya Langit-langit Bangunan Bersejarah di Dunia, Simak Foto-fotonya

Nyedulur
  • 5 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Iran Negin Travel

Ciri khas sebuah bangunan adalah gaya arsitekturnya. Bisa terlihat dari interior maupun eksteriornya. Perbedaan ini untuk meninggalkan jejak sejarah di kemudian hari. Selain itu, untuk mempercantik bangunan dan memberi daya tarik tersendiri.

Ada banyak jejak arsitektur yang dilakukan perancang. Semisal pilar, langit-langit, desain interior, pencahayaan bangunan, hingga sirkulasi udara memiliki ciri khas.

Desain itulah yang menjadi catatan sejarah gedung-gedung bersejarah di belahan dunia. Bahkan soal langit-langit atau plafon gedung menjadi pembahasan. Tidak jarang soal langit-langit menjadi daya tarik wisatawan di belahan dunia.

Sebut saja Iran yang memiliki Masjid Shah di Isfahan. Desain interiornya yang menakjubkan. Dikutip dari Merdeka, masjid ini dibangun antara tahun 1612 dan 1638 atas perintah Shah Abbas. Masjid ini memiliki langit-langit yang sangat indah.

Church of The Savior on Spilled Blood atau Gereja Juru Selamat Menumpahkan Darah merupakan salah satu bangunan paling indah di St. Peterburg, Rusia. Pembangunan gereja ini dimulai pada tahun 1883 dan selesai pada 1907.

Kuil Surga, Temple of Heaven, atau Tian Tan merupakan kuil pemujaan bagi para penganut Taoisme di Beijing, Cina. Kuil ini dibangun pada zaman kekuasaan Kaisar Yongje sebagai persembahan bagi langit.

Ada pula bangunan yang memiliki langit-langit indah lainnya di dunia. Di antaranya Balai Kota San Fransisco di Amerika Serikat, Stasiun Solna Centrum di Swedia, Basilica di Santa Maria Maggiore Italia, dan masih banyak lagi yang bisa dilihat di sini.

Artikel Lainnya