nyedulur.com

Cantiknya Awan Mirip UFO Terbang di Atas Gunung Arjuno, Bahaya Nggak Sih?

Suara
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Langit yang cerah di sejumlah daerah di Jawa Timur menyebabkan UFO terbang. Benarkah itu UFO?

UFO atau unidentified flying object adalah benda asing terbang di langit. Kadang-kadang digambarkan mirip piring terbang di angkasa. Keberadaan UFO ini juga pernah diangkat dalam sebuah film.

Kini UFO melayang di atas Gunung Arjuno. Tunggu dulu. Itu bukan benar-abenar UFO, tapi menyerupainya. Persisnya awan yang menyerupai benda terbang di atas gunung.

Awan tersebut terlihat jelas di atas gunung berketinggian 3.339 meter di atas permukaan laut. Gambarnya cantik dilihat dari kawasan Malang Raya. Meski tidak berbahaya, namun cukup mengkhawatirkan bagi dunia penerbangan.

Dikutip dari Suara, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Juanda mengemukakan, fenomena alam awan lentikularis itu tumbuh di sekitaran gunung atau dataran tinggi.

“Fenomena awan ini secara meteorologi, tidak mengindikasikan fenomena lain seperti akan datangnya gempa atau bencana besar lainnya. Itu hanya mengindikasikan adanya turbulensi di lapisan atas (bukan di permukaan bumi),” kata Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto.

Bagi dunia penerbangan, lanjut Teguh, cukup berbahaya. Sebab pesawat bisa mengalami turbulensi atau guncangan. Terutama, bagi penerbangan rendah. Ini penjelasan BMKG Juanda.

Artikel Lainnya