nyedulur.com

Cantik, Tanaman Hias Berwarna Merah Ini Bisa Beri Nuansa Berbeda, Mudah Merawatnya

Nyedulur
  • 20 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Intisari.

Menanam dan merawat bunga atau tanaman bisa meredakan stres. Hobi baru ini dengan sendirinya menjadi bisnis baru. Sebab, sebagian tanaman tiba-tiba harganya mulai melambung.

Semakin menjamurnya budidaya tanaman hias, banyak orang yang berbondong-bondong menjual tanaman hias berbagai jenis. Mulai dari bentuk, ukuran, sampai warna daun menjadi komponen harga jual.

Termasuk daun berwarna merah tiba-tiba memiliki daya teraik tersendiri. Bunga dengan daun merah bisa mempercantik ruangan. Usul punya usul, dikutip dari CNN Indonesia, daun dengan warna merah berasal dari pigmen yang disebut anthocyanin.

Pigmen merah pada daun merupakan pigmen asam \yang terdapat pada buah ceri, anggur, dan kulit apel. Sedikitnya ada lima tanaman hias merah yang bisa jadi rujukan dalam mempercantik sudut rumah maupun pekarangan.

Tanaman kastuba mudah dikenali karena warna merahnya yang terang dan mencolok. Uniknya, daun merah kastuba akan menjadi hijau saat menua.

Tanaman ini memiliki banyak varietas seperti daun oranye, hijau, putih, dan sebagainya. Daun kastuba berbentuk elips hingga bulat seperti telur dengan panjang berkisar tujuh hingga 15 cm dan dapat tumbuh hingga 1,5 meter.

Kastuba mempunyai nama julukan lain yaitu poinsettia. Nama ini diambil dari Joel Roberts Poinsett yang pertama kali memperkenalkan kastuba sebagai tanaman hias di Amerika Serikat tahun 1825.

Untuk membuat warna daun merah kastuba bertahan lama dibutuhkan perawatan yang memadai. Kastuba merah harus disiram menyeluruh. Akan tetapi gunakan sprayer saat menyiramnya. Hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi pembusukan akar.

Anthurium andraeanum berasal dari keluarga araceae. Tanaman hias nyentrik ini masuk dalam kerabat tanaman populer seperti philodendron, keladi hias, aglaonema, dan alocasia.

Tingkat kesulitan merawat tanaman ini bisa dibilang susah-susah gampang. Media tanam yang dipilih harus media yang tidak menimbulkan genangan di akar agar tidak mudah busuk. Kemudian letakkan tanaman pada tempat teduh namun tetap mendapatkan sinar matahari.

Penyiramannya juga perlu memperhatikan musim. Jika musim hujan tidak perlu terlalu sering disiram, namun jangan biarkan air tergenang pada media tanam.

Sedangkan pada musim kemarau, lakukan penyiraman secara intens untuk menjaga kelembabannya. Sebetulnya masih banyak tanaman berdaun merah yang tidak kalah menarik. Ini dia.

Artikel Lainnya