Canggih, Masker ini Bisa Mematikan Virus Covid-19

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Pandemi Covid-19 yang masih merebak ini membuat sektor ekonomi terpuruk. Hampir semua negara menerapkan penutupan transportasi akibat virus corona. Dampaknya tidak banyak pergerakan atau perpindahan orang dan barang.

Hal ini membuat pemerintah dan para ilmuan berlomba membuat terobosan. Tentu harapannya bisa segera mengatasi virus covid-19.

Salah satunya berlomba-lomba menciptakan vaksin. Namun sejauh ini belum ada satupun vaksin yang bisa direkomendasikan. Jalan satu-satunya adalah menciptakan masker kain berlapis tiga dan juga masker N95.

Dilansir melalui laman Suara, kini beberapa ahli telah merancang masker wajah baru dengan lapisan anti virus. Masker ini malah bisa menonaktifkan virus corona baru.

Masker itu dikembangkan para peneliti di Northwestern University di Amerika Serikat. Kain masker dilapisi dengan bahan kimia antivirus itu dapat membersihkan embusan. Sekaligus lolos dari tetesan pernapasan.

Dengan simulasi inhalasi, pernafasan, batuk, dan bersin di laboratorium. Para peneliti berhasil mendemonstrasikannya. Namun kain yang digunakan untuk masker bukan berbahan tenunan.

Studi yang diterbitkan di jurnal Matter, menemukan bahwa lap bebas serabut dengan hanya 19 persen kepadatan serat. Misalnya, membersihkan hingga 82 persen tetesan pernapasan yang lolos berdasarkan volume.

Kain seperti itu tidak membuat pernapasan menjadi lebih sulit. Sementara bahan kimia pada masker tidak terlepas selama simulasi eksperimen inhalasi. Ini pernyataan para peneliti.

Artikel Lainnya