Butuh Set Top Box TV Digital? Kemenkominfo Bagi 6,7 Juta Unit, Gratis!

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Pemerintah memberi batas waktu kepada stasiun televisi untuk bermigrasi ke siaran digital. Tenggat waktu itu diberikan paling lambat 2 November 2022. Masih ada waktu dua tahun, lah.

Tapi demikian, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah menyiapkan 6,7 juta set top box gratis. Pembagian ini untuk mempermudah migrasi dari TV analog ke digital.

Oh iya, set top box merupakan alat khusus untuk memudahkan masyarakat menikmati siaran TV digital. Kendati masih menggunakan TV lama.

“Sesuai dengan rancangan aturan teknis, Lembaga Penyiaran Publik (LPP), Lembaga Penyiaran Swasta (LPS), dan Lembaga Penyiaran Komunitas, jasa penyiaran televisi wajib menghentikan siaran televisi analog paling lambat 2 November 2022 pukul 24.00 WIB,” kata Menkominfo Johnny G Plate dalam pernyataan resmi dikutip Detik, Selasa 22 Desember 2020.

Ingat, set top box ini tiak dibagikan cuma-cuma! Perangkat ini dibagikan kepada warga yang kurang mampu. Dan pembigiannya akan diawasi. Jangan sampai terjadi pembagian seperti di Kemensos, ya.

Saat ini Kemenkominfo telah membuat gugus tugas migrasi TV analog ke digital yang berfokus pada pemindahan 728 TV analog di Indonesia.

Sejauh ini telah 12 provinsi di memulai siaran secara simulcast (TV analog dan digital bersiaran secara bersamaan). Termasuk beberapa kabupaten dan kota,” lanjutnya dalam siaran pers tersebut.

Sedangkan 22 provinsi yang belum terdapat penyelenggara mux swasta, namun sudah terdapat mux LPP TVRI, pemerintah tengah menyiapkan rencana seleksi penyelenggara mux swasta di 22 provinsi tersebut agar mempercepat proses migrasi.

Artikel Lainnya