Bumbu Ini Warnanya Hitam, Umumnya Dibuat Rawon, Tapi Mengandung Racun, Manfaat Kesehatannya Jarang Diketahui

Nyedulur
  • 23 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Apa jadinya bila rawon tanpa kluwek? Dijamin rasanya hambar dan warnanya tidak bisa hitam. Padahal kluwek merupakan salah satu rempah wajib sebagai bumbu rawon.

Keluak atau kluwek merupakan salah satu rempah-rempah yang kaya akan nutrisi. Bumbu dapur ini dikenal punya manfaat yang cukup baik untuk kesehatan.

Selain itu, buah yang bertekstur keras seperti kemiri ini juga kerap digunakan sebagai bumbu makanan tradisional.

Meski memiliki warna yang kurang menarik, yakni hitam. Namun kluwek memiliki banyak kandungan nutrisi yang cukup banyak. Sebut saja zat besi, vitamin C, dan masih banyak lagi.

Tetapi, Anda juga harus tahu jika kluwek mengandung asam sianida. Yakni sejenis racun yang dapat membahayakan kesehatan bila dikonsumsi secara langsung.

Oleh karena itu, catatan Liputan6, sebelum mengolah makanan dengan menggunakan kluwek, Anda perlu merendam terlebih dahulu. Tujuannya jelas, untuk menghilangkan racun. Bukan racun asmara ya, gaes.

Nah, selain menjadi bumbu masakan, Anda bisa memanfaatkan kluwek untuk berbagai hal.

Nama kluwek sama dengan pohonnya, yakni merupakan tanaman yang berbiji. Pohon ini dikenal dikenal serba guna, karena hampir semua bagian tumbuhan bisa dimanfaatkan. Mulai dari daun, buah, biji, batang, hingga kulit kayunya.

Biji tanaman ini memiliki nama latin pangium edule. Umumnya punya warna cokelat gelap hingga kehitaman.

Inilah megapa pada makanan rawon menghasilkan warna cokelat yang gelap atu justru kehitaman, karena menggunakan kluwek sebagai campuran di dalamnya.

Menurut penelitian, manfaat kluwek bisa digunakan untuk terapi tambahan pada penyakit kusta, dan beberapa penyakit kulit lainnya.

Hal ini dikarenakan pada biji kluwek mengandung dua jenis asam lemak siklik, yang merupakan suatu asam hidnokar[at dan asam khaulmograt.

Artikel Lainnya