Bukan Sekadar Pusat Belanja, Tunjungan Plaza Bisa Tentukan Hilal, Segera Dilaporkan ke Kemenag, Keren

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Suara.

Warga Surabaya pasti sudah mendengar Tunjungan Plaza (TP). Pusat perbelanjaan di jantung kota Surabaya itu telah menjadi salah satu icon wisata belanja warga Kota Pahlawan.

Bahkan warga di Sidoarjo, Gresik, Mojokerto dan sekitarnya kerap berbelanja di TP. Terlebih lokasinya mudah diakses dari berbagai daerah dengan ragam angkutan.

Well, ternyata Tunjungan Plaza ke depannya bukan hanya tempat belanja. Kata anak millenial, one stop shoping. Rooftop One Icon di Tunjungan Plaza bisa disulap untuk memantau hilal atau rukyatul hilal, menentukan awal Ramadan dan Idul Fitri.

Sebelum penentuan awal Ramadan 2021, rukyatul hilal dilaksanakan di sana oleh Lembaga Falakiyah PCNU Surabaya. Gagasan itu disampaikan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi untuk menjadikan Rooftop One Icon dijadikan sebagai tempat memantau hilal.

Sayangnya, hasil dari pemantauan kemarin hilal tidak nampak karena faktor cuaca. Kendati demikian, belakangan Kementerian Agama disebut-sebut mengapresiasi Rooftop TP itu menjadi rujukan Nasional melihat hilal.

Ketua Lembaga Falakiyah PCNU Surabaya, Muhammad Imron Rosadi, mengapresiasi inisiatif Eri Cahyadi, perihal pemilihan tempat untuk Sidang Rukyatul Hilal.

“Kemenag mengapresiasi inisiatif Eri Cahyadi untuk menjadikan One Icon sebagai tempat Rukyatul Hilal. Kami mengajukan tempat ini sebagai acuan hilal di Indonesia. Kami usulkan tempat ini. Meski baru pertama kali, namun tempat sangat layak untuk melihat hilal,” katanya mengutip Suara, Selasa 13 April 2021.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mendukung wacana menjadikan Rooftop One Icon TP sebagai salah satu acuan Nasional lokasi Rukyatul Hilal atau penentuan 1 Ramadan.

Eri Cahyadi di Surabaya bersyukur Rooftop One Icon TP 3 yang merupakan gedung dengan ketinggian mencapai 200 meter, akan diusulkan kepada Menteri Agama sebagai salah satu tempat Rukyatul Hilal.

“Kami bersyukur dan berdoa semoga di titik ini bisa digunakan untuk Rukyatul Hilal dan bisa untuk melihat setiap awal bulan hijriah,” kata Eri Cahyadi.

Artikel Lainnya