Bukan Sekadar Petis, Sidoarjo Punya Kuliner yang Wajib Anda Cicipi

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto; Go Travel

Tahun 2006, Sidoarjo dikejutkan dengan luberan lumpur dari Lapindo Brantas Inc. Dampaknya empat desa hilang yang meliputi Desa Ketapang, Renokonongo, Kedung Bendo, dan Desa Besuki.

Di balik luberan lumpur itu kemudian memunculkan wisata kuliner yang cukup terkenal, yakni ceker lapindo. Bagi yang doyan pedas, ceker ini wajib dicoba!

Lokasinya mudah dijumpai, yakni di sekitar Alun-alun Sidoarjo atau di Jalan Dr.Soetomo 12, Magersari. Cukup merogoh kantong Rp2.0000, sudah bisa menikmati sup ceker super pedas ini.

Makanan ini kaya akan rempah dan cabai. Kuahnya sampai terlihat coklat kemerahan, karena aroma kecap dan cabai yang cukup kental.

Menyoal kuliner, Sidoarjo bukan hanya memiliki ceker lapindo yang super pedas. Dikutip dari IDN Times, cukup banyak kuliner yang perlu dijajal di Kota Udang ini.

Rawon Gajah Mada paling banyak diburu pencinta kuliner malam. Potongan daging yang empuk dengan ukuran besar, dipadukan dengan kuah yang sedap. Rawon dipadu dengan tempe, sambal, tauge dan telur asin, yang bisa menambah cita rasa makanan ini.

Lokasinya cukup strategis, yakni di jantung kota atau di Jalan Gajah Mada Sidoarjo. Jalan ini kerap dilalui pengguna jalan, baik roda dua maupun empat.

Maklum jalan ini merupakan penghubung Surabaya-Malang, melalui Sidoarjo kota. Bukanya mulai pukul 21.30 WIB, atau setelah pusat pertokoan tutup.

Kalau lagi tidak enak badan, paling enak makan yang hangat-hangat. Sop buntut misalnya. Salah satu kedai sop buntut paling terkenal di Sidoarjo adalah Depot Langgeng.

Lokasinya tidak terlalu besar. Cuma bisa menampung sekitar 40 orang. Tapi soal rasa, hmmm…..enak banget. Kuahnya segar, tidak amis, dan dagingnya empuk. Benar-benar nikmat. Ada pula iga bakar, iga penyet, pepes, dan sebagainya.

Lokasinya tidak jauh dengan raong gajah mada, yakni di Jalan K.H. Mukmin Nomor 67, Sidokere, Sidoarjo.

Masih banyak wisata di Sidoarjo. Ote-ote Porong alias weci atau bakwan juga menjadi oleh-oleh khas Sidoarjo. Ini alamatnya.

Artikel Lainnya