Bukan Sekadar Pelindung Kepala, Desain Helm Kian Keren dengan Tambahan Spoiler, Apa Fungsinya?

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Otosia.

Gaes, pengunaan helm sangat penting saat mengendarai motor. Pastinya helem untuk melindungi kepala dari cedera serius saat jatuh. Itu sebabnya mengapa polisi kerap menilang pengendara motor yang tidak berhelm.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kehadiran helm tidak hanya aksesoris. Juga bukan sebagai pelengkap mode. Namun fungsi yang dimiliki kian beragam.

Salah satunya adalah kehadiran spoiler helm. Umumnya bentuk spoiler ini mirip dengan lubang bersayap di bagian belakang helm motor.

Mengutip 100KPJ, penambahan bagian ini berhubungan dengan kenyamanan pengguna kendaraan. Fungsi dan cara kerjanya yang benar dari spoiler helm makin bisa membuat pengendara nyaman. Nggak percaya?

Pada saat melaju dengan kendaraan roda dua ini tentu kepala dan leher cepat lelah. Apalagi jika Anda harus mengendarai selama beberapa jam lamanya.

Nah, yang dimaksud dengan spoiler ini adalah sebuah tambahan pada helm berupa perangkat yang ditempelkan berbentuk kecil seperti sayap.

Spoiler ini memiliki fungsi untuk meningkatkan aerodinamika pada saat melaju dengan sepeda motor berkecepatan tinggi. Tambahan spoiler ini akan membuat gaya angkat lebih kecil dan berkurangnya turbulensi di belakang.

Otomatis beban yang harus ditopang oleh leher berkurang dan helm jadi lebih nyaman untuk digunakan. Jadi fungsi dari spoiler pada helm ini tidak bisa dianggap remeh.

Sebagian besar pembalap biasanya menggunakan jenis helm yang sudah memiliki spoiler dari pabrikan. Walaupun sebenarnya juga ada jenis helm yang memiliki spoiler bongkar pasang. Spoiler sendri di pasaran ada tiga jenis, yakni model baut, model tempel dan langsung dari pabrikan.

Artikel Lainnya