Bukan Jakarta Kota Tertua di Indonesia, Palembang dan Empat Kota di Jawa Dicatat Lebih Dulu Ada

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Lonely Planet.

Bukan Jakarta atau Surabaya yang dinobatkan sebagai kota tertua. Justru Palembang sebagai kota tertua di Indonesia. Penobatan itu berdasarkan catatan prasasti Kedukan Bukit, di mana Kota Pempek ini berdiri pada tahun 16 Juni 682.

Pada zaman penjajahan Belanda, Pelambang disebut-sebut sebagai Venezia dari Timur. Merujuk banyaknya sungai sebagai sarana transportasi pada kala itu. Pelan-pelan sejumlah sungai telah disulap sebagai wisata bahari oleh pemerintah setempat.

Sejatinya pada abad ketujuh hingga ke-10, sejarah mencatat beberapa kota telah berdiri di Nusantara. Dua di antaranya berada di Jawa Timur, dan dua lainnya ada Jawa Tengah. Satu lagi Banda Aceh yang berdiri di awal abad sebelas.

Catatan Good News From Indonesia, nama Salatiga diberi salah satu wali songo, yakni Sunan Kalijaga. Penyematan nama itu merujuk pada tiga kesalahan yang dilakukan oleh Ki Ageng Pandan Arang alias Pandanaran.

Tiga kesalahan yang kerap dilakukan Ki Ageng Pandan Arang meliputi pelit, sombong, dan suka menyengsarakan rakyat. Saat itu Ki Ageng Pandan Arang ditunjuk sebagai Bupati Semarang oleh Sultan Demak Bintara.

Prasasti Dinoyo menyebut Kota Malang berdiri pada tahun 1 Margasira 682 Saka atau 28 November 760. Di dalam prasasti tersebut tertulis jika Malang didirikan pada zaman kerajaan Kanjuruhan.

Era kolonial Belanda menyebut Malang sebagai ‘Paris van Oost-Java atau Kota Paris di Bagian Timur Pulau Jawa. Tahun ini, Kota Malang akan memasuki usia ke-1.339 tahun.

Wisatawan mengenal Kediri sebagai kota Tahu. Juga pusat nasi pecel tumpeng. Di sepanjang Jalan Dhoho tersebar para penjual nasi pecel tumpang yang mulai buka pukul 18.00 WIB hingga lewat tengah malam.

Siapa sangka jika Kediri menjadi kota tetua kedua di Jawa Timur. Berdasarkan Prasasti Kwak, kota ini sudah ada sejak tahun 801 Saka atau 27 Juli 879.

Kediri kerap menjadi ikon dan situs kuno kerajaan di Jawa. Masih banyak ditemukan reruntuhan kuno dan candi sejak era Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Kediri.

Candi Borobudur menjadi salah satu daya Tarik kota Magelang sekaligus landmark Jawa Tengah di bidang pariwisata. Magelang pernah menjadi ibu kota Jateng ketika Inggris menginvasi Nusantara. Kapan sih, berdirinya Magelang?

Artikel Lainnya