nyedulur.com

Bukan Jakarta atau Surabaya, Kediri Kota Terkaya di Indonesia, Ini Penjelasan BPS

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IDN Times.

Sebagai Ibu Kota Negara, Jakarta pasti menjadi kota paling kaya di Indonesia. Disusul Surabaya. Dua kota itu merupakan pusat bisnis dan perputaran uang di dalam negeri. Tapi pendapat itu tidak benar.

Good News From Indonesia justru menempatkan Kediri sebagai kota paling kaya di Indonesia. Padahal Kediri adalah kota ketiga terbesar di Jawa Timur, setelah Surabaya dan Malang.

Kota Kediri memiliki luas wilayah 63,40 km persegi dan seluruh wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Kediri. Kota Kediri terbelah sungai brantas yang membujur dari selatan ke utara sepanjang 7 kilometer.

Menjadi situs sebuah ibukota kuno bagi kerajaan Jawa, kota ini merupakan salah satu pusat kebudayaan utama bagi suku Jawa. Di kota ini juga berisi beberapa reruntuhan kuno dan candi era Kerajaan Kediri dan Kerajaan Majapahit.

Kota Kediri mencatatkan angka PDRB per kapita tertinggi di Indonesia. Nominalnya mengalahkan Jakarta dan ibu kota Jawa Timur, Surabaya.

Parameter kota terkaya berdasarkan data terakhir yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2018. Tingkat kemakmuran kota atau kabupaten diukur lewat indikator pendapatan per kapita, yang dihitung dari produk domestik regional bruto (PDRB) dibagi jumlah penduduk.

Dari parameter itu, Kediri menjadi kota paling makmur di Tanah Air. Kota ini memiliki pendapatan per kapita Rp449,23 juta per tahun. Selisih cukup jauh dengan Kota Bontang (Rp337,95 juta per tahun) yang ada di posisi kedua.

Bahkan, nominal yang di catat Kediri tidak sampai separuh dari nominal PDRB per kapita yang dicatat Surabaya (Rp188,73 juta per tahun).

Lalu apa sih garis besar kota paling makmur. Bisa membuka tautan berikut.

Artikel Lainnya