nyedulur.com

Bukan Hanya Orangutan, Hewan Juga Punya Jari Mirip Manusia, Lihat Foto-fotonya

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Fact Animal.

Tahukah Anda jika sebagian hewan mamalia memiliki susunan jari tangan yang unik. Malahan ada yang mirip manusia, lho. Nampak dari letak ibu jari yang terletak berlawanan dengan jari-jari lain.

Karena memiliki ibu jari yang berlawanan, maka hewan primata dan manusia memiliki kemampuan untuk mengenggam benda dengan kuat. Inilah yang tidak dimiliki hewan lain.

Dilansir dari IDN Times, selain primata ada juga hewan yang memiliki ibu jari berlawanan. Mirip manusia?

Anda pasti tahu hewan marsupial khas Australia. Ini adalah koala yang menghabiskan hampir seluruh hidupnya di atas pohon.

Binatang ini menggunakan tangannya untuk memeluk batang pohon dan memetik daun-daun eucalyptus yang menjadi makanannya.

Selain itu, dua kaki koala memiliki masing-masing satu ibu jari. Maka secara total, koala memiliki enam ibu jari berlawanan.

Queensland mencatat keunikan koala lainnya adalah sidik jari yang persis dengan manusia. Bahkan sidik jari manusia dan sidik jari koala bisa sulit dibedakan.

Selain koala, hewan marsupial lain yang memiliki ibu jari berlawanan adalah opossum. Opossum adalah marsupial yang tergabung dalam ordo didelphimorphia dan terdiri atas lebih dari 100 spesies.

Opossum jago memanjat. Penyebabnya adalah, mereka memiliki jempol berlawanan pada kaki depan dan belakangnya.

Susunan jari kaki belakang opossum tampak sangat mirip dengan manusia. Ibu jari mereka adalah satu-satunya jari yang tidak berkuku, sehingga mudah menggenggam batang pohon saat memanjat.

Selain jari-jarinya, opossum juga memiliki ekor prehensil yang membuatnya bisa bergelantungan di dahan pohon.

Ibu jari berlawanan juga dimiliki oleh panda. Si beruang hitam putih khas Cina ini punya kaki depan dengan lima jari. Namun pergelangan tangannya memiliki tulang sesamoid yang berperan sebagai 'jari keenam' dan memiliki fungsi seperti ibu jari manusia. Panda adalah satu-satunya spesies beruang yang memiliki jari tersebut.

Sebagai pemakan bambu, panda menggunakan ibu jari berlawanannya untuk menggenggam makanannya. Penasaran?

Artikel Lainnya