Bukan Buaya dan Ular, Hewan Kecil Ini Sanggup Bunuh Manusia, Catatannya 700 Ribu Jiwa Melayang Per Tahun

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Manusia mengenal predator adalah pemangsa paling mengerikan. Sebut saja singa, ular, buaya, hingga hiu yang merupakan pembunuh teratas di lautan. Faktanya binatang yang kerap bersinggungan dengan manusia ini bukan berada di urutan pertama.

Malahan, catatan Science Alert menempatkan hiu sebagai pembunuh manusia di urutan ke-15. Lantas binatang apa yang paling mematikan bagi manusia?

Beberapa catatan IDN Times menyebutkan singa merupakan hewan pemangsa manusia. Namun bukan di urutan pertama. Padahal raja rimba ini tergolong predator paling berbahaya.

Singa punya kemampuan berburu yang lihai. Biasanya mereka memburu mangsa secara berkelompok, kendati kadang sendiri. cakar dan taringnya mematikan. Pergerakannya yang cepat membuat mangsanya sulit menghindar dari sergapan.

Science Alert memperkirakan ada 22 kematian manusia akibat singa setiap tahunnya. Kasus kematian manusia akibat singa paling populer terjadi di Tanzania. Sejak tahun 1990 sudah ada 563 orang yang tewas akibat sergapan raja hutan.

Gajah merupakan mamalia yang memiliki badan yang sangat besar dan kuat. Mereka bisa dengan mudah menimbulkan kerusakan. Hewan bergading ini bisa membunuh manusia dengan cepat.

Sebelum tahun 2005 sudah ada 500 kasus kematian manusia per tahunnya yang disebabkan gajah. Catatan ini cukup fantastis mengingat gajah bukan hewan yang agresif.

Mirisnya, terdapat 100.000 ekor gajah yang tewas dalam waktu hanya tiga tahun karena ulah manusia. Memang, penjualan organ-organ gajah secara ilegal sangat marak dalam satu dekade terakhir. Khususnya di Afrika.

Pernah mendengar hippopotamus? Di Indonesia biasa disebut kuda nil. Binatang pemalas ini paling suka berendam di kubangan. Mamalia besar ini bersifat omnivora atau pemakan segala.

Menurut laporan Food and Agriculture Organization (FAO), kuda nil merupakan hewan paling mematikan di Afrika. Hal ini disebabkan konflik yang berkepanjangan akibat pertumbuhan populasi di Afrika yang sangat tinggi. Sehingga permintaan konsumsi daging kuda nil juga meningkat.

Di Afrika, kuda nil sangat agresif jika bertemu manusia. Bisa dibuktikan dengan 500 kematian per tahunnya akibat mamalia ini.

Sudah jadi rahasia umum bahwa buaya merupakan salah satu hewan paling mematikan dan ditakuti banyak orang. Hewan tersebut sering hidup di sungai, rawa, muara, bahkan laut. Menurut FAO, hewan ini merupakan penyebab tertinggi kematian manusia di Afrika.

Tapi ada satu hewan yang sanggup membunuh manusia. Catatannya cukup tinggi. Bukan predator atau pemakan daging. ISGlobal malah mencatat ada 700 ribu kematian manusia yang disebabkan hewan yang kecil ini. Buka saja di sini.

Artikel Lainnya