nyedulur.com

Buah yang Baik Dikonsumsi bagi Penderita Penyakit Jantung

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Fruits Growers News.

Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Data organisasi kesehatan dunia (WHO) tahun 2015 masih menempatkan penyakit jantung di urutan teratas.

Kematian di dunia akibat penyakit jantung menular (PTM) mencapai 70 persen. Sedangkan penyakit jantung dan pembuluh darah mencapai 45 persen. Dengan akta lain, penyakit jantung masih menjadi silent killer.

Untuk memerangi PTM, di Indonesia sudah dilakukan kampanye GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Salah satu poinnya adalah mengonsumsi sayur dan buah.

Tapi tidak semua sayur dan buah baik untuk jantung. Dilansir dari CNN Indonesia, kelompok buah beri, seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry memiliki nutrisi yang baik untuk jantung.

Jenis buah berry tersebut mengandung antioksidan dan antosianin yang mampu meredakan peradangan jantung.

Buah ceri juga memiliki kandungan antioksidan antosianin dan polifenol, yang berfungsi melindungi pembuluh darah, mengurangi pembekakan jantung, serta membuat tekanan darah stabil.

Buah alpukat juga baik untuk jantung. Buah ini memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal dan kalium yang berperan penting untuk kesehatan jantung. Alpukat juga bisa membantu menurunkan kolestrol, tekanan darah, serta risiko sindrom metabolik.

Selain itu, ada juga buah tomat dan jeruk yang baik untuk jantung.

Artikel Lainnya