Bro, Rajin-rajinlah Membersihkan Kendaraan saat Musim Hujan, Ini Dampaknya

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: How to Stuff Works.

Mengemudikan kendaraan di musim hujan seperti saat ini perlu kehati-hatian. Jarak pandang dan kecepatan benar-benar terbatas. Kelengahan mengemudi dalam kondisi hujan bisa berakibat fatal.

Tidak kalah penting adalah menjaga dan merawat mobil. Hujan tidak hanya mengotori kendaraan, tapi juga mengurangi daya tarik kendaraan. Bisa-bisa pemilik dicap, kemproh. Alias jorok.

Sebab, kandungan zat asam pada air hujan atau lumpur saat banjir bisa menempel di kendaraan. Kondisi seperti ini bisa mengurangi performa kendaraan.

Tidak hanya untuk kendaraan roda dua, kendaraan roda empat butuh perawatan. Bahkan jauh lebih intens ketika musim hujan dan banjir, dibandingkan dengan motor.

Diterangkan Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, melalui Kompas, saat memasuki musim hujan mobil sering terkena air hujan. Bahkan kerap melewati genangan banjir.

Menurutnya situasi seperti ini sebaiknya segera dibilas menggunakan air tawar. Tujuannya mencegah kotoran menumpuk dan mengering, sehingga akan lebih sulit untuk dibersihkan.

“Setelah digunakan saat hujan sebaiknya mobil segera dibilas menggunakan air tawar atau dicuci, agar kotoran tidak menempel di bodi mobil maupun kaca,” kata Didi mengutip Kompas, Kamis 2 Februari 2021.

Dengan rutin membilas setiap kali digunakan saat hujan, kotoran yang menempel lebih mudah dihilangkan karena kondisinya belum mengering.

“Jika dibiarkan sampai mengering kadang juga susah dibersihkan. Selain itu, juga bisa menyebabkan karatan,” ujarnya.

Kemudian, Didi melanjutkan, ketika mobil dikendarai dan kehujanan kemudian hujan reda atau cuaca kembali terik, sebaiknya segera bersihkan sisa air yang menempel pada kaca.

Pasalnya, jika sisa air hujan dibiarkan tetap menempel bukan tidak mungkin akan menyebabkan bekas seperti jamur dan lebih sulit dibersihkan.

“Kemudian jika ini mobil diparkir di luar ruangan sebaiknya ditutup menggunakan rain cover yang bisa melindunginya dari guyuran hujan,” katanya.

Artikel Lainnya