nyedulur.com

Bro, Jangan Buang Sisa Kuah Mie Instan, Bisa Diolah Makanan Khas Jepang, Ini Nama dan Langkahnya

Nyedulur
  • 18 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Cookpad.

Mengonsumsi mie instan berkuah cocok dinikmati saat udara dingin. Misalnya hujan. Makanan ini banyak digemari tidak hanya di Indonesia saja. Bahkan di belahan dunia juga menggemari mie instan kuah.

Nah, mie kuah tidak hanya mengenyangkan, tapi masih bisa diolah lagi. Malahan bisa dijadikan masakan Jepang. Tapi bukan mie-nya gaes. Sisa kuah bisa diolah lagi.

Sisa kuah tersebut dapat dimasak menjadi makanan chawan-mushi. Yakni makanan kukus yang berasal dari Jepang. Memiliki bentuk yang beku creamy dam dimasak dengan cara dikukus. Bahannya bisa berasal dari bekas kuah mie instan. 

Chawan-musi, umumnya dibuat dari kaldu dashi, telur dan tambahan ayam, seafood atau sayuran. Teksturnya halus seperti puding karamel. Pasti penasaran.

Dikutip dari Grapee melalui Detik, sebuah cuitan di Twitter viral karena memberikan solusi yang cukup unik dan tidak ada salahnya dicoba. Yakni memanfaatkan sisa kuah mie instan. Sisa kuah mie dibuat menjadi seporsi chawan-mushi yang lezat dan hangat.

“Aku sedang makan mie ramen cup instan, dan adikku berkata "Kakak, apa kamu tau?" kemudian ia mengajarkanku hal ini," kata @boku_5656.

Pemilik akun Twitter tersebut awalnya terkejut dengan penemuan sang adik. Ringkas dan mudah. Hanya butuh sebuah telur untuk membuat sisa kuah mie instan menjadi chawan-mushi.

Bahkan memanfaatkan sisa kuah mie menjadi chawan-mushi ini direkomendasikan oleh produk mie instan asal Jepang, Nissin, melalui laman website resmi mereka. Tentunya ini akan menjadi cara yang berbeda dan lebih lezat untuk menghabiskan kuah sisa mie instan.

Lalu seperti apa langkah-langkah yang harus dilakukan? Ikuti langkah mengubah sisa kuah mie instan menjadi chawan-mushi.

Pertama, pastikan semua mie sudah habis dan hanya kuahnya saja. Masukkan sebutir telur mentah ke dalam kuah. Sebelumnya, pastikan kuah sudah dingin agar telur tidak matang.

Kemudian aduk telur dan kuah hingga tercampur rata. Bisa dengan sumpit, garpu, sendok atau pengocok telur. Pindahkan campuran kuah dan telur ke wadah atau mangkuk tahan panas. Misalnya wadah untuk oven microwave atau gelas dan cangkir.

Tutup bagian atas wadah. Bisa menggunakan plastik wrap atau aluminium foil dan masak dengan suhu 200 derajat Celsius selama tiga menit.

Jika campuran kuah dan telur sudah membeku, chawan-mushi mie instan bisa langsung dinikmati. Gampang, kan.

Artikel Lainnya