Bro, Coba Lakukan Tips Ini, Bisa Cegah Rem Blong Usai Terjang Banjir

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Flagstop Car.

Prediksi BMKG hujan masih turun di beberapa kota. Sebut saja Serang, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Pontianak, Banjarmasin, Palangkaraya, dan Gorontalo diperkirakan diguyur hujan, Senin 8 Maret 2021.

Tak sedikit hujan yang turun menyebabkan banjir dan genangan. Sementara masih banyak kendaraan yang menerobos banjir ataupun genangan, dengan alasan bermacam-macam. Sebagian pengendara melupakan kondisi rem setelah kebanjiran.

Bahkan pengendara kerap tak sadar, jika mobil mengalami rem blong usai menerjang banjir. Inilah yang harus diwaspadai pengendara.

Workshop Head Isuzu Astra Biz Centre BSD, Sanusi dikutip dari CNN Indonesia menjelaskan bahwa rem bisa kehilangan daya cengkeram jika komponen tersebut mengalami basah seperti setelah terendam air.

“Rem kalau kena basah biasanya tidak menggigit, jadi jangan langsung ngebut dan jangan terlalu yakin rem itu normal,” ujar Sanusi.

Untuk mencegah hal tak diinginkan, Sanusi mengatakan ada beberapa kiat yang bisa diterapkan.

Aktivitas ini kerap disebut kocok rem mobil. Menurut Sanusi, setelah melewati genangan air yang cukup tinggi atau melalui banjir, kondisi rem akan berbeda dari normal.

Genangan air dapat menyebabkan banyak kotoran menyelinap ke dalam rem sehingga efeknya komponen tersebut jadi kurang pakem. Untuk mengatasinya, kocok terlebih dahulu rem setelah terkena air.

“Sebaiknya lambatkan kendaraan lalu kocok rem dengan cara tekan pedal rem berulang kali agar kondisi rem bisa panas, gigit lagi, dan kembali normal,” ungkap Sanusi.

Setelah ban dan rem terkena air, jangan asal ngebut. Pastikan dahulu rem bekerja optimal. Setelah itu melaju dengan kecepatan rendah agar kita bisa merasakan daya cengkram rem yang baik. Rasakan dengan menginjak pedal rem perlahan-lahan.

“Pastikan kampas rem menempel dengan baik dengan piringan, lalu kan remnya panas, agar airnya cepat hilang juga,” Sanusi menjelaskan.

Setelah sampai di rumah, lebih baik bagian rem dibilas dengan air bersih, atau membawanya ke tempat cuci mobil, agar kotoran hilang dari komponen rem.

Perlu diingat, kotoran dari genangan air bisa menyebabkan bagian piringan atau disc brake berkarat. Bahkan bisa terkikis karena banjir mengandung kerikil.

Artikel Lainnya