Bravo, TWICE Cetak Sejarah, Sabet Penghargaan di Jepang, Ini Rekor yang Didapat

Nyedulur
  • 20 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: The Korea Herald.

TWICE mencetak sejarah. Kali ini catatan sejarah itu bukan di Korea Selatan, negara asalnya. Melainkan di Jepang. Betul di Negeri Sakura.

Gril group beranggotakan sembilan orang menjadi penyanyi wanita pertama dari luar Jepang yang mendapat sertifikasi platinum dari RIAJ, asosiasi industri rekaman Jepang, untuk streaming.

Asosiasi ini menerapkan sistem sertifikasi baru untuk streaming lagu secara online yang diterapkan mulai tahun lalu. Sertifikasi ini sebagai tambahan dari sistem sertifikasi yang sudah ada sebelumnya, yakni untuk pengiriman album fisik dan penjualan unduhan digital.

Menurut sistem baru, lagu akan mendapatkan sertifikasi perak setelah mencapai 30 juta streaming, emas pada 50 juta streaming, dan platinum pada 100 juta streaming.

Mengutip Wow Keren, dalam batch sertifikasi terbarunya (tertanggal Maret 2021), RIAJ memberikan sertifikasi platinum hit TWICE 2019 ‘Feel Special’ dalam kategori streaming setelah lagu tersebut melampaui lebih dari 100 juta streaming.

Meskipun TWICE sebelumnya telah menerima sertifikasi platinum dan double platinum dari RIAJ untuk album fisik, pencapaian ini menandai pertama kalinya salah satu lagu mereka mendapatkan sertifikasi platinum untuk streaming.

Selain itu, ‘Feel Special’ sekarang menjadi lagu pertama oleh penyanyi wanita dari luar Jepang mana pun dalam sejarah RIAJ yang pernah menerima sertifikasi platinum untuk streaming.

'Feel Special' menjadi lagu kedua dari Korea yang meraih prestasi serupa. Sebelumnya artis K-pop yang mencapai prestasi tersebut adalah BTS (Bangtan Boys) dengan lagu ‘Dynamite’.

Sementara itu, MAMAMOO memperoleh sertifikasi emas pertama mereka dalam kategori streaming setelah lagu hit mereka ‘HIP’ yang melampaui 50 juta streaming.

‘Kill This Love’ milik BLACKPINK (Black Pink) dan lagu Jepang BTS ‘Your Eyes Tell’ juga secara resmi mendapatkan sertifikasi emas setelah masing-masing mencapai 50 juta streaming.

Artikel Lainnya