Bravo, Museum Bank Indonesia Raih Museum Bersahabat, Ini Kriterianya

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Bank Indonesia.

Museum Bank Indonesia bukan sekadar cagar budaya. Bank yang dulunya bernama De Javasche Bank ini mendapat predikat Museum Bersahabat. Penghargaan didapat dalam Indonesia Museum Awards 2020 di acara Komunitas Jelajah (Jejak Langkah Sejarah).

Predikat tersebut diberikan secara virtual pada Sabtu 12 Desember 2020. Museum BI secara aktif menyosialisasikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 melalui media social.

Melansir Tempo, Museum BI juga melakukan berbagai kegiatan yang menunjukkan kepedulian sosial di tengah pandemi Covid-19.

“Museum BI juga tetap memberikan pelayanan kepada publik melalui kunjungan secara daring dan edukasi lewat berbagai konten di media social,” kata Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono dalam keterangan tertulis Minggu, 13 Desember 2020.

Sebelumnya, Museum BI pernah memperoleh penghargaan Indonesia Museum Awards sebagai Museum Pintar (2014) dan Museum Pemerintah Terbaik DKI Jakarta (2012 dan 2014).

Indonesia Museum Awards merupakan ajang tahunan yang memberikan penghargaan kepada pengelola museum dan tokoh permuseuman di Tanah Air.

Penghargaan kepada Museum BI dalam kegiatan yang digagas kesembilan kali oleh Komunitas Jelajah ini menjadi wujud pengakuan atas konsistensi Museum BI untuk senantiasa memberikan literasi publik atas sejarah bangsa.

Ini kriteria penilaian yang dilakukan Konunitas Jelajah.

Artikel Lainnya