Bravo, Jakarta Peringkat ke-17 Kota Tersehat di Dunia, Kalahkan Korea dan AS

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: The Jakarta Post.

Tinggal di Ibu Kota seperti Jakarta butuh energi ekstra. Sebab kota ini tergolong memiliki tingkat kepadatan lalu lintas yang tinggi. Praktis, semua jadwal perjalanan harus dimajukan untuk menghindari kemacetan.

Namun hiruk pikuk Jakarta tidak mengendurkan sebagai kota yang layak tinggal. YouGov, sebuah lembaga riset yang berbasis di Inggris memasukkan Jakarta sebagai kota terbersih di dunia pada posisi ke-17. Wow!

Mengutip Detik, YouGov yang bermarkas di Lenstore menganalisis 44 kota di seluruh dunia mengungkap di mana kota yang lebih mudah untuk menjalani gaya hidup sehat secara keseluruhan.

Pengukuran itu melibatkan 10 metrik kehidupan sehat, termasuk tingkat obesitas hingga tingkat polusi. Masing-masing metrik diberi skor lalu digabungkan untuk mendapatkan skor total 100.

Skor ini digunakan untuk menentukan peringkat 44 kota, mana yang terbaik untuk hidup sehat. Dari situ didapatkan hasil bahwa Amsterdam merupakan kota tersehat di dunia. Ibu kota Belanda ini dikenal sebagai kota ramah pesepeda.

Tak heran, orang-orang di sana memiliki tubuh yang sehat. Tingkat obesitasnya hanya 20,4 persen.

Sementara itu, Jakarta menempati posisi ke-17. Tingkat obesitas di Jakarta terbilang rendah yakni 6,9 persen. Kemudian angka harapan hidupnya 68,5 tahun.

Di Jakarta juga terdapat 114 aktivitas luar ruang yang dapat dilakukan masyarakat. Selain itu, ada 833 tempat yang dapat dikunjungi masyarakat untuk melakukan aktivitas luar ruang.

Untuk membayar keanggotaan gym, Jakarta juga terbilang lebih murah dibandingkan kota lain seperti Madrid (peringkat 16) atau Seoul (18), yang peringkatnya berdekatan dengan Jakarta. Setiap bulan, rata-rata orang harus mengeluarkan Rp 514 ribu untuk gym.

Sayangnya, poin yang masih buruk dari Jakarta adalah tingkat polusi. Skor polusi di Jakarta adalah 84.39. Jumlahnya jauh lebih tinggi dibandingkan Madrid 52.68 dan Seoul 57.82.

Artikel Lainnya