Bravo, Empat Pelatih Jerman Dominasi Perempat Final Liga Champions, Hansi Flick Sosok Paling Sukses

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Bavarian Football/Getty Images.

Tim-tim Inggris lebih mendominasi babak perempat final Liga Champions. Setidaknya ada tiga wakil Inggris yang melangkah hingga perempat final.

Ketiganya adalah unggulan Manchester City, Chelsea, dan Liverpool. Sedangkan di urutan kedua ada Jerman yang memiliki dua wakil, masing-masing Bayern Munich dan Borussia Dortmund.

Sementara Portugal, Prancis, dan Spanyol, masing-masing mengirim satu utusan, yang diwakili Porto, PSG, dan Real Madrid.

Tapi jangan salah. Kendati Inggris mendominasi secara tim, justru Jerman lebih dominan. Dari delapan tim yang lolos terdapat empat pelatih asal Jerman.

Mereka adalah Hansi Flick (Bayern), Thomas Tuchel (Chelsea), Jurgen Klopp (Liverpool), dan Edin Terzic (Borussia Dortmund).

Sebelumnya terdapat nama Julian Naglesmann. Sayang, langkah pelatih RB Leipzig terhenti di babak 16 Besar. Malahan pada musim lalu, RB Leipzig diantar hingga semifinal.

Lalu apa yang membuat pelatih-pelatih Jerman kini menjadi lirikan tim-tim besar? Apa resep yang dilakukan otoritas sepak bola Jerman?

Setidaknya Duethscer Fussball-Bund (DFB) atau otoritas sepak bola Jerman melakukan reformsi besar-besaran pada awal 2000-an.

Dalam program yang disusun DFB, sektor yang dibina bukan hanya melulu persepakbolaannya. Namun juga materi jenjang pembinaan baik pemain maupun pelatih.

DFB fokus pada bagaimana menciptakan pemain muda. Sekaligus mencetak pelatih-pelatih muda. Hasilnya empat pelatih tersebut telah mereguk sukses. Bahkan Hansi Flick telah mengoleksi enam gelar.

Keenamnya terdiri atas DFB Pokal atau Piala Liga, Liga Jerman, Liga Champions, Super UEFA, Super Jerman, dan Piala Dunia Antarklub. Bahkan jumlah trofinya jauh lebih banyak dari kekalahan yang diderita Munich.

Artikel Lainnya