nyedulur.com

Brace Foden Antar Kemenangan Inggris, Kendati Gagal Lolos Semifinal

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Bintang-bintang muda Inggris sukses menutup UEFA Nations League dengan kemenangan meyakinkan. Tim asuhan Gareth Southgate itu menghajar Islandia, 4-0 Kamis 19 November 2020 dini hari.

Sayang, kemenangan itu tidak berarti apa-apa. Masalahnya tim berjuluk Tiga Singa itu gagal melangkah ke semifinal. Posisi terakhir mereka di posisi ketiga klasemen grup A2. Harry Kane dkk kalah bersaing dengan Denmark dan Belgia.

Meski gagal melangkah ke semifinal, Inggris menorehkan satu catatan manis. Sejumlah pemain mudanya menunjukkan penampilan gemilang.

Bintang muda Manchester City, Phil Foden mencetak brace di pengujung laga. Dia mencetak gol pada menit 80 dan 84. Satu lagi assist menit 20 yang diselesaikan dengan apik oleh Declan Rice. Satu gol lainnya dicetak kapten tim Harry Kane menit 24.

Dikutip dari BBC, Foden mencetak sejarah dalam laga ini. Dia menjadi pemain termuda Inggris yang bisa mencetak dua gol di Wembley dalam usia 20 tahun 174 hari.

Dia mematahkan rekor yang dipegang Bobby Charlton pada Mei 1958 saat Inggris melawan Portugal. Saat itu Charlton berusia 20 tahun 208 hari.

Selain Foden, Declan Rice menjadi pemain West Ham pertama yang mencetak gol untuk Inggris dalam sepuluh tahun terkahir. Pemain West Ham terakhir yang mencetak gol adalah Mathew Upson pada Juni 2010, saat melawan Jerman.

Rice menjadi pemain West Ham termuda kedua yang bisa membuat gol setelah Joe Cole melakukan pada Juni 2003, dalam usia 21 tahun 207 hari.

Penampilan bintang-bintang muda Inggris menjadi aset penting bagi FA. Sebab mereka bakal diproyeksikan menuju Euro yang diundur tahun depan. Sejumlah nama seperti Jack Grealish, Foden, Masson Mount, Bukayo Saka, Jadon Sancho, Tylor Mings, Tammy Abraham, Dominic Calvert-Lewin merupakan aset penting Inggris.

Artikel Lainnya