nyedulur.com

Bisa Turunkan Kadar Asam Urat Anda, Wajib Konsumsi Makanan dan Minuman Ini

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Waspada, nyeri pada kaki bisa jadi salah satu gejala asam urat. Asam urat merupakan gangguan metaboliseme yang terjadi di dalam tubuh. Biasanya gejalanya ditandai dengan nyeri di badan.

Jangan tinggal diam. Bisa berakibat kematian. Solusinya? Hindari makanan yang kurang sehat. Mulailah dengan mengonsumsi sejumlah makanan yang bisa menurunkan kadar asam urat.

Seperti dilansir dari Kumparan, ceri sering dijadikan topping berbagai kue atau minuman. Hasil ini diungkapkan dari penelitian berjudul "Cherry Consumption and Decreased Risk of Recurrent Gout Attacks" yang dipublikasikan pada tahun 2012.

Bagi yang rutin mengonsumsi buah ceri atau ekstrak ceri selama dua hari berturut-turut dapat mengurangi gejala asam urat dan juga inflamasi. Selain itu, ceri dapat menetralisir asam, dan mencegah terkristalnya asam urat yang akan menumpuk di persendian.

Air putih sangat banyak memberi kontribusi dalam hidup, ya. Selain menghidrasi tubuh, air putih terbukti dapat meredakan gejala asam urat. Ini semua karena kemampuan air putih yang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Termasuk kadar asam urat berlebih.

Studi pada tahun 2009 mengungkapkan bahwa tiap gelas yang dikonsumsi selama 24 jam sebelum gejala asam urat muncul, akan menurunkan risiko kambuh.

Meskipun beberapa orang mengalami love and hate relationship dengan kopi, beberapa penelitian membuktikan bahwa kopi dapat mengurangi risiko asam urat pada laki-laki dan perempuan.

Mereka yang mengonsumsi kopi empat hingga lima cangkir per hari punya risiko asam urat lebih rendah 40 persen. Semakin banyak jumlah kopi yang dikonsumsi, semakin rendah pula kadar asam urat. Meski begitu, tetap batasi jumlah kopi, ya!

Ternyata dengan ngemil bual apel dan buah delima bisa menurunkan kadar asam urat. Kok bisa? Cek kandungannya.

Artikel Lainnya