Bisa Renyah dan Gurih, Tips Goreng Risoles Agar Tidak Pecah, Cocok Dijadikan Takjil Puasa

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Berbuka puasa dengan yang manis-manis dengan takjil memang dianjurkan. Tapi tidak sedikit masyarakat memilih takjil yang gurih. Biasanya jenis gorengan. Salah satunya adalah risoles.

Tidak heran muncul pedagang risoles musiman di tengah bulan Ramadan. Meski terlihat mudah, tidak gampang membuat risoles yang enak. Kerap pula dihadapkan pada kondisi risoles yang hancur saat digoreng.

Mulai dari kulit risoles yang sobek, hingga risoles gampang pecah saat digoreng. Untuk itu perlu mengetahui kebiasaan agar bisa membuat risoles yang tidak gampang pecah.

Mengutip Sajian Sedap, risoles sering pecah saat digoreng. Isinya jadi berhamburan keluar, mengotori minyak dan membuat tampilan risoles jadi amburadul. Jika sudah begini, memakannya jadi setengah hati, lo.

Nah untuk menghindarinya, ada tips rahasia supaya risoles tidak pecah saat digoreng.

Pertama, risoles yang paling rawan pecah adalah dengan isi ragout, mayones atau saus yang agak encer. Pastikan lipatan risoles sampai betul-betul rapat dan melumurinya sampai rata.

Gunakan wajan yang alasnya datar dan bagian pinggirnya tidak terlalu tinggi. Hindari menggunakan wajan cekung karena akan membuat risoles bertumpuk dan bagian bawahnya lebih rawan bocor.

Jangan gunakan banyak minyak, yang penting bisa menutupi permukaan risoles. Gunakan api besar dengan minyak yang sudah panas. Jadi ketika dimasukan, risoles akan langsung menyokelat.

Jangan biarkan risoles terlalu lama dalam wajan karena toh isinya sudah matang. Penggorengan yang lama bisa membuat isinya meletup-letup dan akhirnya jadi bocor. Balik risoles segera saat salah satu bagiannya telah cokelat.

Artikel Lainnya