Bisa Elus Dada, Rapper Cilik Gaza Nyanyikan Lagu Penderitaan Warga Palestina, Videonya Viral!

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: NME.

Perang yang melibatkan Hamas dan Israel telah menyita perhatian publik dunia. Bukan sekadar berapa jumlah korban yang jatuh, namun lebih disebabkan pada isu kemanusiaan.

Bahkan beberapa negara mengecam serangan Israel terhadap warga Gaza di Palestina. Akibatnya dukungan kepada Palestina terus mengalir.

Kini perang itu telah memancing emosional. Di mana seorang anak kecil asal Gaza menjadi sorotan di jagad maya. Bocah tersebut bernama Abdul (12), yang diketahui seorang rapper. Dalam lagunya, dia membawakan lagu tentang krisis di Palestina.

Seperti diketahui, konflik Israel dan Palestina masih belum mereda sejak 15 Mei 1984. Sudah banyak korban berjatuhan karena insiden berdarah.

Oleh sebab itu seorang rapper cilik dari Gaza ini membuat lagu yang menceritakan tentang penderitaan di Palestina.

Diinformasikan CNN Indonesia, lagu yang diproduseri Garrai Mac atau GMC Beats asal Irlandia ini, rapper berusia 12 tahun itu mengucap bait demi bait dengan penuh semangat berlatarkan irama Cleanin' Out My Closet milik Eminem.

Dalam lagu yang berdurasi sekitar kurang lebih satu menit ini, Abdul berbicara soal kekerasan yang dialami wilayah asalnya selama krisis. Konflik antara Palestina dan Gaza dilaporkan telah menewaskan sedikitnya 227 orang di Gaza dan 12 orang di Israel.

Dalam lagu berjudul Palestine ini, Abdul berbicara mengenai rumahnya yang hilang akibat konflik.

“Palestina telah diduduki selama beberapa dekade, tetapi menjadi rumah (saya) selama berabad-abad. Tanah ini memiliki kenangan bagi keluarga saya selama beberapa generasi,” bait lagu tersebut.

“Bayangkan diusir dari satu-satunya rumah yang pernah Anda kenal/ Kami berdoa untuk jiwa kami saat mereka memangsa rumah kami,” lanjutnya.

Klip musik itu diunggah di akun Instagram Abdul @mca.rap. Dalam video, Abdul terlihat berjalan di antara bangunan-bangunan runtuh di kawasan Gaza sembari mengenakan sorban yang melilit lehernya sebagai identitas Palestina.

“Minggu terakhir ini sangat berat bagi rumah saya, Kota Gaza. Saya hanya ingin dunia tahu tentang situasi di Palestina,” tulis Abdul dalam unggahannya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by MC Abdul (@mca.rap)

“Musik adalah hal yang membuat saya terus maju. Tetap aman semuanya. Yang kami inginkan hanya lah kedamaian,” Abdul menambahkan.

Mengutip NME, video yang diunggah empat hari lalu itu telah ditonton lebih dari 4,5 juta kali. Sebanyak lebih dari 20 ribu warganet memenuhi kolom komentar. Banyak warganet yang memuji rapper muda tersebut.

Artikel Lainnya