Bisa Bikin Bingung, Sehat Mana Tidur Pakai Bra atau Tidak? Cek Penjelasan Ahli

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Quora.

Tidur tanpa bra? Mungkin kalimat tersebut sudah populer di masyarakat. Malahan banyak yang menyebut tidur memakai bra bisa memicu berbagai masalah kesehatan. Salah satunya kanker. Apakah benar?

Di sisi lain, ada yang menjelaskan jika tidur mengenakan bra bisa menahan payudara agar tidak menjadi kendur.

Kedua pendapat tersebut sangat kontras. Tak heran banyak perempuan yang bingung. Haruskah wanita mengenakan bra atau tidak saat tidur malam?

Pada kenyataannya, dilansir dari Kompas, kendur pada payudara merupakan hal normal. Biasanya terjadi karena bertambahnya usia. Sejauhini belum ada solusi untuk menolak takdir alami tersebut.

Ligamen cooper, juga disebut ligamen suspensori pada umumnya membentang dari waktu ke waktu, dan menyebabkan payudara kendur.

Selain itu, ukuran payudara disebabkan faktor genetik, kebiasaan gaya hidup, dan kehamilan. Ketiganya memainkan peran penting dalam mengendurnya payudara.

Jadi, mengenakan bra di malam hari tidak dapat mencegah kondisi tersebut.

Dengan tidak adanya bukti atau penelitian medis, sulit untuk mengatakan apakah seseorang harus memakai bra di malam hari atau tidak.

Itu sepenuhnya tergantung pada pilihan pribadi. Tapi, memakainya untuk mereka yang memiliki payudara besar mungkin bisa bermanfaat.

Sebab, untuk wanita dengan payudara besar, membatasi pergerakan payudara yang kerap menyebabkan nyeri dan bahkan gangguan tidur, mungkin bisa teratasi jika memakai bra.

Tentu, tidak perlu memakai push-up bra atau bra berkawat. Memakai bra katun sederhana yang jauh lebih nyaman daripada bra berkawat, sudah cukup untuk menyangga dan memberi tidur nyenyak.

Artikel Lainnya