Bisa Bangkitkan Selera, Resep Otak-otak Pedas, Mudah untuk Dicoba, Cocok untuk Akhir Pekan

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Tribunnews.

Sumber laut di Indonesia cukup kaya untuk dijadikan bahan makanan. Bahkan cukup banyak industri pengolahan makanan dari laut yang kemudian diekspor ke mancanegara.

Tapi tidak sebatas di industri pengolahan. Makanan laut bisa diolah untuk menjadi makanan maupun jajanan anak-anak hingga keluarga. Anda bisa melakukannya dengan baik.

Salah satu kuliner yang menjadi primadona banyak orang adalah otak-otak. Makanan ini bertebaran di Palembang, Pekanbaru, Makassar, hingga Singapura dan Malaysia. Kini jajanan ini cukup banyak dijumpai di pasar tradisional, sekolah-sekolah, perkantoran, hingga dijual online.

Biasanya otak-otak dibuat dari campuran ikan tenggiri cincang dan tepung sagu atau tapioka. Nah, berikut beberapa resep yang bisa dijajal di rumah. Cocok untuk sajian akhir pekan.

Untuk bahan siapkan, 510 gr daging tenggiri, 50 gram tepung maizena, 300 gr sagu tani, empat butir putih telur, 200 ml santan instan, 12 butir bawang merah, 12 butir bawang putih, tiga sdt garam, empat sdt gula pasir, satu sdt merica bubuk, dan empat batang daun bawang iris-iris.

Selanjutnya, siapkan juga daun pisang yang sudah dibersihkan, staples atau tusuk lidi, plastik piping bag, dan teflon atau sejenisnya untuk memanggang.

Bumbu kacangnya siapkan, 250 gram kacang tanah (digoreng), 90 gram gula jawa, 1 sdt garam, lima sdt gula pasir, 20 gram asam jawa, campur air tiga sdm, buang bijinya, dan lima siung bawang putih, goreng utuh.

Tambahkan juga lima siung bawang merah, goreng utuh, 10 buah cabai keriting, goreng utuh, empat lembar daun jeruk, tiga lembar daun salam, dua sdm kecap manis, 500 ml air, dan 50 ml santan

Cara membuatnya mudah. Buat saus kacang terlebih dahulu, ya. Blender semua bahan jadi satu kecuali daun jeruk dan daun salam.

Kemudian tuang bahan di atas wajan, tambahkan daun salam dan daun jeruk, masak dengan api kecil sampai matang, lakukan tes rasa. Sisihkan.

Nah untuk membuat otak-otak. Blender bawang merah, bawang putih, putih telur dan santan, sampai halus. Selanjutnya campurkan daging tenggiri dengan bumbu yang dihaluskan tadi. Lalu beri garam, gula, merica , dan irisan daun bawang, aduk sampai rata.

Tambahkan tepung maizena dan sagu tani, campur sampai rata. Masukkan adonan ke piping bag, gunting ujungnya. Isi adonan ke daun pisang, lalu gulung dan distaples. Lakukan sampai adonan habis.

Panggang adonan otak-otak dengan api kecil menggunakan teflon sampai matang di kedua sisi. Biasanya untuk melihat tanda matang ketika dipegang adonan sudah kenyal dan tidak menempel di kulit pisang). Jika sudah matang, angkat dan sajikan dengan saus kacang.

Nah kalau Anda penikmat makanan pedas, patut untuk menjajal otak-otak mercon satu ini. Bahannya mulai dari 1 bungkus otak-otak ikan, belah dua, 10 bakso sapi, belah dua, dan 3 sdm saus sambal botolan.

Lalu satu sdt saus tomat, satu sdm bubuk balado instan, cabai rawit merah utuh sesuai selera, satu batang daun bawang, potong, garam secukupnya, dan kaldu bubuk secukupnya.

Untuk bumbu halus, siapkan enam siung bawang merah, tiga siung bawang putih, satu cabai merah besar, 10 cabai merah keriting, dan 20 cabai rawit merah.

Kalau cara membuatnya cukup goreng otak-otak ikan dan bakso sapi hingga matang, angkat lalu sisihkan, tumis bumbu halus hingga wangi dan matang.

Kemudian tambahkan saus sambal, bubuk balado, garam, kaldu bubuk dan cabai rawit utuh, aduk rata, lalu masukkan otak-otak, bakso yang sudah digoreng tadi, aduk rata.

Terakhir matikan api kompor dan masukkan potongan daun bawang, aduk rata. Angkat dan sajikan.

Artikel Lainnya