Billie Eilish Alami Tourette, Suara dan Tubuhnya Bergerak di Luar Kesadaran, Hati-hati Bisa Menimpa Siapapun

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST/Instagram.

Nama Billie Eilish tiba-tiba tenar sejak merilis single Ocean Eyes pada 2016. Lagunya langsung mencetak hits yang dibarengi dengan kesuksesannya digandeng Apple Music setahun kemudian.

Eilish kemudian merilis debut studio pada Maret 2019 dengan menghasilkan When We All Fall Asleep, Where Do We Go? Lagu-lagu yang ditulisnya kerap mengundang kontroversi.

Sebab banyak pihak yang menilai dia adalah pemuja setan atau pengikut iluminati. Namun demikian, dia tetaplah seorang penyanyi berbakat yang menulis pesan kehidupan melalui lagu garapannya.

Baru-baru ini Eilish mendapat ejekan dari penggemarnya sendiri. Penyebabnya Eilish kerap melakukan gerakan yang tidak disengaja. Namun, tak banyak yang tahu bahwa itu disebabkan oleh sindrom Tourette yang dideritanya.

Dilansir dari Tempo, Awalnya dia tak menyadari sindrom ini. Sehingga dia tak pernah membahasnya. Penyanyi 17 tahun itu baru mengungkap gangguan itu kepada publik pada 2018, setelah kompilasi videonya dengan gejala Tics beredar di Internet.

“Saya tidak pernah menyebutkannya di internet, karena tidak ada yang mengira saya bodoh. Serta fakta bahwa saya tidak pernah ingin orang memikirkan sindrom Tourette setiap kali mereka mengingat saya,” ujar Bille Eilish

Sindrom Tourette adalah masalah pada sistem saraf yang menyebabkan orang membuat gerakan atau tiba-tiba mengeluarkan suara. Spontanitas itu biasa disebut tics, yang tidak dapat mereka kendalikan.

Misalnya, seseorang dengan Tourette's mungkin akan berkedip atau berdehem terus menerus. Beberapa orang mungkin melontarkan kata-kata yang tidak ingin mereka ucapkan.

Gejala utama tics berbeda-beda setiap orang. Sering kali sangat lembut sehingga tidak terlihat. Sebaliknya, sebagian lagi terlihat jelas dan sering terjadi. Tics bisa lebih buruk dialmi seseorang. Baca dulu tautan berikut.

Artikel Lainnya