Bikin Kaget, Tetiba Muncul Pemberitahuan WhatsApp di Status, Warganet Heboh, Apa Sih?

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Tangkapan Layar.

Applikasi pesan WhatsApp membuat jagad maya geger. Pasalnya muncul status pertama WhatsApp yang diawali dengan pemberitahuan beberapa fitur yang diusungnya.

Lalu kenapa hal tersebut bisa terjadi? Berikut beberapa fakta yang sudah dirangkum dari Kompas terkait munculnya status WhatsApp.

Pihak perusahaan mengirimkan pesan kepada penggunanya melalui status dengan kontak bernama "WhatsApp". WhatsApp memberikan informasi atas fitur baru yang ada di aplikasinya.

“WhatsApp sekarang membagikan informasi di status. Di sini Anda dapat mengetahui informasi dan fitur baru,” tulis WhatsApp.

Ada empat pesan yang disampaikan WhatsApp. Pihak perusahaan menjelaskan mengenai kesimpangsiuran informasi yang beredar mengenai kebijakan privasi barunya. Penjelasan yang diberikan berisi komitmen dari perusahaan terkait data, kontak, dan akses lokasi.

Berikut isi pesannya, satu hal yang tidak baru adalah komitmen kami terhadap privasi Anda. WhatsApp.com/privacy, WhatsApp tidak dapat membaca atau mendengarkan percakapan pribadi, karena percakapan tersebut terenkripsi secara end-to-end. WhatsApp.com/privacy.

Bahkan WhatsApp juga tidak dapat melihat lokasi yang dibagikan. Selain itu, WhatsApp juga tidak membagikan kontak ke Facebook. Selanjutnya, WhatsApp menekankan tetap menjaga privasi penggunanya terkait pesan maupun percakapan.

Pada 15 Januari 2021, pihak aplikasi obrolan daring ini membuat pengumuman bahwa pembauran kebijakan privasi tak membuat WhatsApp maupun Facebook melihat percakapan pribadi penggunanya.

Selain itu, pembaruan hanya untuk menyertakan opsi baru yang harus dimiliki seseorang ketika mengirim pesan bisnis ke WhatsApp.

Pembaruan diklaim sebagai bentuk transparansi lebih lanjut mengenai cara WhatsApp mengumpulkan dan menggunakan data.

Tak hanya itu, Melansir Live Mint, WhatsApp menunda untuk mengimplementasikan kebijakan privasi barunya selama tiga bulan. Karena faktornya seperti ini.

Artikel Lainnya