Bersihkan Handpone dengan Cara Ini, Agar Terbebas dari Virus dan Bakteri

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: CNet.

Gaes, punya handphone atau ponsel itu perlu dibesihkan. Dengan memiliki barang yang bersih, mencermikan kepribadian. Terlebih ponsel sekarang bukan sekadar alat komunikasi, tapi bisa dipakai untuk menjalankan usaha.

Dengan kondisi itu, handphone tidak bisa lepas dari tangan. Senantiasa dalam genggaman. Bahkan pada saat ke kamar mandi pun, handphone tetap di bawa.

Selain itu, di masa pandemi saat ini rentan penularan virus corona. Itu sebabnya, Anda disarankan untuk rajin membersihkan handphone.

Dikutip dari Kompas, membersihkan ponsel tidak bisa dilakukan asal-asalan. Kita perlu mengikuti beberapa langkah yang tepat.

Salah satu hal yang diperlukan adalah pembersih yang tidak hanya mendisinfeksi, tetapi juga tidak merusak ponsel.

“Ingat ponsel dan komputer adalah perangkat yang rumit dan rentan,” kata pakar teknologi Burton Kelso.

“Penggunaan tisu atau semprotan antibakteri pada komputer, keyboard, dan ponsel, sebaiknya dihindari. Bahan kimia abrasif dapat meninggalkan goresan pada layar dan merusak lapisan pelindung pada perangkat itu.” imbuhnya.

Menurut Kelso, pembersih yang mengandung alkohol, pemutih, atau cuka dapat merusak layar sentuh. Produk ini bisa membuat kurang sensitif dan responsif.

Melansir Reader's Digest dari Kompas, berikut cara membersihkan ponsel dari kuman, terutama selama masa pandemi, agar terhindar dari penyakit.

Langkah pertama, matikan telepon, dan pastikan sudah dicabut dari segala perangkat listrik. Semprotkan pembersih khusus ponsel pada kain mikrofiber. Kelso sangat merekomendasikan penggunaan kain mikrofiber sebagai pengganti handuk atau tisu.

Kain ini lembut dan ramah pada perangkat teknologi. Sebaliknya, handuk atau tisu ternyata sangat abrasif.

Pakailah lap ponsel dan pastikan untuk membersihkan hingga tepi casing handphone dan di sekitar sudut maupun celah. Seka bagian depan, layar, belakang, dan tepi.

Terakhir, letakkan ponsel dan biarkan pembersih melakukan tugasnya. Periksa keterangannya untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendisinfeksi sepenuhnya permukaan yang tidak berpori.

Setelah menunggu, seka ponsel dengan kain mikrofiber kering atau biarkan mengering.

Saat membersihkan ponsel, hindari menyemprot langsung pembersih ke layar. Pembersih dapat masuk ke lubang ponsel atau lubang mikrofon dan menyebabkan kerusakan pada bagian dalam ponsel.

Sedikit kerusakan akibat kelembapan dapat membuat ponsel berhenti berfungsi, layar rusak, atau masalah lain yang lebih serius.

Kita disarankan membersihkan ponsel setiap pulang kerja, atau setelah bepergian. Federal Communications Commission (FCC) merekomendasikan untuk membersihkan ponsel setidaknya sekali dalam sehari.

Artikel Lainnya