Bernyali, Ridwan Kamil Tuding Mahfud MD Sumber Kekisruhan Acara Rizieq Shihab

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Merdeka.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memiliki nyali besar. Dia menilai kegaduhan yang diciptakan Rizieq Shihab dan pengikutnya sepulang ke Tanah Air disebabkan pernyataan Mahfud MD.

Sosok yang kini duduk sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan itu dianggap memiliki tanggung jawab besar atas penjemputan Rizieq Shihab dan rentetan acara yang digelar. Mulai dari kepulangan Rizieq pada 10 November 2020, hingga kegiatan yang dihadiri petinggi FPI dan pengikutnya.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu menyampaikan keluhannya setelah menjalani pemeriksaan di Mapolda Jawa Barat, Rabu 16 Desember 2020.

“Izinkan saya beropini secara pribadi terhadap rentetan acara hari ini, pertama menurut saya semua kekisruhan yang berlarut-larut ini dimulai sejak adanya statment dari Pak Mahfud, di mana penjemputan HRS ini diizinkan,” kata Ridwan Kamil.

Akibat izin tersebut, FPI dan pengikuti Rizieq Shihab berbondong-bondong menjemput di Bandara Soekarno Hatta pada 10 November lalu. Menurutnya, izin itulah yang menimbulkan multitafsir.

“Di situlah menjadi tafsir dari ribuan orang yang datang ke bandara selama tertib dan damai, boleh. Maka terjadi kerumunan luar biasa sehingga ada tafsir, seolah-olah ada diskresi dari Pak Mahfud kepada PSBB di Jakarta dan PSBB di Jabar dan tempat lain,” Emil menambahkan.

Dalam kesempatan tersebut, Emil juga berbicara soal keadilan. Sebab dia sebagai Gubernur Jabar, telah diperiska bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Dia juga meminta agar Mahfud MD turut diperiksa.

Artikel Lainnya