Benarkan Kunjungan ke Petamburan, Kedubes Jerman Pulangkan Staff dan Bantah Dukung FPI

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Ramai-ramai soal staf kedutaan Jerman yang mengunjungi kantor DPP FPI di Petamburan viral di media sosial. Bahkan kini kedubes menjadi trending topic di twitter.

Kedubes Jerman tidak menampik kunjungan tersebut. Dalam keterangan resminya, pihak kedutaan ingin memastikan situasi keamanan setelah aksi 1812. Sebab demo tersebut berada di dekat Kedubes Jerman.

“Kedutaan Besar Jerman menyesalkan kesan yang ditimbulkan atas insiden tersebut, baik kepada publik maupun mitra kami di Indonesia. Kami menjamin tidak ada niat politik apapun dalam kunjungan tersebut,” tulis pernyataan Kedutaan Besar Jerman, Minggu 20 Desember 2020.

Menyikapi hal tersebut, Kementerian Luar Negeri RI telah memanggil perwakilan Kedubes Jerman. Dalam siaran pers Kemenlu yang diterbitkan, Senin 21 Desember 2020, pihak Kedubes Jerman menyangkal pernyataan yang disampaikan pimpinan ormas.

Dalam siaran pers tersebut, Kepala Perwakilan Kedutaan Besar Jerman membenarkan keberadaan staf Kedutaan di sekretariat organisasi tersebut.

Tetapi keberadaan staf Kedubes Jerman di tempat tersebut menggelar pertemuan yang bersifat pribadi, tanpa mendapatkan perintah atau sepengetahuan pimpinan Kedutaan Besar Jerman. Pihak Kedubes Jerman kabarnya sudah memulangkan staff yang dimaksud.

Sebelumnya Sekretaris Umum FPI, Munarwan berkoar pihaknya mendapat dukungan dari pemerintah Jerman.

“Dari kedutaan Jerman sudah datang ke sekretariat FPI, perhatian internasional terhadap kasus extrajudicial killing 6 syuhada. Ini akan berdampak pada reputasi Indonesia di dunia internasional,” kata Munarman melalui keterangan tertulisnya.

Artikel Lainnya