Bau Mulut Bisa Ganggu Penampilan, Tenang, Bisa Dihilangkan dengan Makanan Ini, Selalu Ada di Dapur

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Mengonsumsi makanan dan minuman tertentu bisa menimbulkan bau mulut. Baunya tidak sedap. Masalah lain yang menyebabkan bau mulut adalah kebiasaan merokok.

Permasalahan ini memang bisa mengganggu penampilan. Bahkan tidak tertutup bisa menghilangkan rasa percaya diri saat berada dalam sebuah komunitas.

Pada dasarnya, bau mulut bisa untuk mendeteksi adanya gangguan kesehatan di tubuh. Bisa juga karena tidak bisa menjaga kesehatan dan kebersihan mulut maupun gigi.

Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa makanan yang bisa membantu menghilangkan masalah bau mulut. Sebagaimana dikutip dari CNN Indonesia, ada beberapa makanan yang bisa menghilangkan bau mulut.

Sebuah apel sehari bisa menghilangkan bau mulut. Menurut dokter Mitola, kerenyahan apel membantu mengeluarkan bakteri dan makanan yang tersangkut di sela-sela gigi atau permukaan saat pengunyahan.

Buah apel juga mengandung antioksidan yang disebut polifenol yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri tertentu dan mengurangi produksi senyawa penyebab bau mulut.

Untuk mencegah bau busuk, Anda mungkin ingin mencampurkan semangkuk besar salad.

“Sayuran hijau seperti selada, bayam dan kangkung mengandung klorofil, pewangi alami yang menetralkan bau tak sedap,” kata Mitola.

“Sayuran hijau juga membantu menyeimbangkan tingkat pH Anda, menjaga agar mulut Anda tidak terlalu asam," tambahnya.

Lebih baik lagi, bayam, kale, bok choy (pok coy), dan okra termasuk di antara 20 sayuran teratas dengan kalsium tertinggi, yang membantu memperkuat enamel gigi, menurut USDA.

Ada alasan ilmiah mengapa peterseli, kemangi, dan mint membuat mulut Anda terasa segar.

“Mereka memiliki enzim yang mengikat senyawa yang mengandung sulfur dan membantu menetralkan bau,” kata Mitola.

Plus, seperti apel, tumbuhan ini memiliki polifenol, yang, yang menghambat pertumbuhan bakteri jahat.

Artikel Lainnya