Batuk Kering Kerap Mengganggu, Kenali Ciri-ciri dan Cara Mengatasinya

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Batuk adalah cara tubuh mengeluarkan zat dan partikel dari dalam saluran pernapasan. Selain itu, batuk juga bisa mencegah benda asing masuk ke saluran napas bawah.

Nah, ada dua jenis batuk yang kerap dihadapi masyarakat. Pertama adalah batuk kering dan kedua batuk yang mengeluarkan dahak. Tapi yang terakhir bukan batuk basah ya, gaes.

Serangan batuk kering dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bagi si penderita. Terutama di malam hari ketika tubuh membutuhkan istirahat. Umumnya batuk kering memang tidak berbahaya, tetapi masalah ini bisa menyebabkan gejala penyakit tertentu.

Lalu seperti apa sih ciri-ciri batuk kering, penyebab, sampai cara mengobatinya?

Melansir Medical News Today melalui Kompas, batuk sebenarnya adalah refleks alami untuk membersihkan tenggorokan dan paru-paru dari sumber iritasi dan lendir.

Ciri-ciri batuk kering memiliki gejala yang khas. Antara lain batuk tanpa disertai meningkatnya produksi dahak atau lendir di tenggorokan.

Ada sensasi menggelitik atau gatal di tenggorokan, suara jadi serak. Batuk yang intens terkadang membuat tulang rusuk atau dada sakit. Karena tidak menghasilkan lendir atau dahak, batuk kering juga dikenal dengan batuk nonproduktif.

Selain itu ada beberapa penyebab batuk kering. Di antaranya, infeksi saluran pernapasan atas seperti flu, alergi, cuaca dingin, asma, penyakit asam lambung, efek samping obat tertentu, dan batuk rejan.

Untuk mengobati batuk kering ada beberapa yang bisa dicoba di rumah. Misalnya minum obat batuk kering jenis dekongestan, minum obat batuk kering jenis antitusif untuk menenangkan batuk.

Lalu minum seperti seduhan daun mint, jangan lupa untuk menjaga kelembaban udara di rumah, dan minum cairan hangat seperti teh, kaldu, atau sup, dan masih banyak cara lainnya.

Artikel Lainnya