Baru Dengar, Ustaz Maaher Meninggal Akibat TB Usus, Penyakit Apa Itu?

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Suara.com.

Ustaz Maaher At-Thuwailibi diduga meninggal akibat sakit TB Usus. Pria yang memiliki nama asli Soni Eranata itu meninggal di Rumah Tahanan Bareskrim Mabes Polri pada Senin 8 Februari 2021 malam.

Mengutip Okezone, penyakit yang diderita ustaz Maaher disampaikan sang istri, Iqlima Ayu. Dia menuturkan bahwa suaminya ustaz Maaher dalam proses pengobatan sakit TB usus.

“Ustaz masih dalam pengobatan TB usus, jadi harusnya kontrol ke rumah sakit, tapi karena lagi begini ya saya kirim obat. Akan dijadwalkan pemeriksaan ke rumah sakit,” katanya beberapa waktu lalu usai menjenguk ustaz Maaher.

Lalu apa itu TB usus, sakit yang diderita Ustadz Maaher At-Thuwailibi sebelum meninggal dunia?

TB usus atau tuberkulosis usus terjadi akibat adanya gejala-gejala pencernaan, seperti kembung, diare, nyeri perut. Komplikasi TB usus adalah radang selaput perut yang biasa disebut peritonitis TB.

Mengutip dari laman Healthline, Selasa 9 Februari 2021, TB usus adalah TB yang menyebabkan peradangan pada peritoneum. Ini merupakan lapisan jaringan yang menutupi bagian dalam perut dan sebagian besar organnya.

Ini mempengaruhi 3,5 persen dari orang dengan TB paru dan sebanyak 58 persen dari orang dengan TB perut.

Asites dan demam adalah gejala TB usus yang paling umum. Asites adalah penumpukan cairan di perut yang menyebabkan perut bengkak, kembung, dan nyeri.

Adapun gejala dari TB usus meliputi mual, muntah, nyeri di perut, kehilangan selera makan, dan berat badan turun, diare.

Tenang ada cara mengatasi sakit TB usus. Salah satunya menjaga kualitas pola hidup dengan mengonsumsi makanan sehat. Pengidap TB harus makan lebih banyak, tapi tidak boleh sembarangan makanan yang boleh dimakan.

Artikel Lainnya