Barang Rumah Tangga Rusak Dicakar Kucing, Ini Solusinya

Nyedulur
  • 5 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Catlovers.id

Bagi Anda yang memelihara kucing pasti suah hapal kebiasaannya. Banyak tingkah dan kebiasaan yang kerap mengganggu isi rumah tangga.

Bukan soal suka mencuri makanan. Tapi menggaruk perabotan rumah tangga. Itu dilakukan karena cakarnya sedang gatal. Dia ingin menggaruk cakarnya.

Tak ayal, tingkah ini membuat benda rumah rusak. Karpet, kursi, sofa, sepatu, hingga ban dan bodi kendaraan rusak karena dicakar kucing.

Melansir Kompas, ahli perilaku hewan dan duta Purina One, Dr Jo Righetti menyebutkan alasan kucing-kucing melakukan itu semua di sebabkan beberapa hal. Selain cakarnya yang gatal, kucing tengah melakukan peregangan dan memerkuat otot tubuh.

Peliharaan ini ingin menjaga kesehatan cakar. Dengan menggaruk akan menghilangkan kulit kuku bagian luar. Sekaligus ingin menandai wilayah kekuasaannya. Satu lagi untuk mendapatkan perhatian pemilik.

Sebetulnya ada kok cara agar kucing tidak menggaruk barang-barang di rumah. Sediakan sesuatu yang khusus untuk dia garuk. Misalnya tiang cakaran kucing atau mainan kucing interaktif.

Pastikan tiang garukan kuat, kokoh, tinggi, dan tertutup bahan yang disukai kucing. Misalnya tali, karton, maupun karpet. Letakkan tiang di tempat yang disukai. Misalnya di ruang tamu atau dekat jendela. Bisa juga di dekat area tidur mereka.

Selain itu, buat barang-barang kita menjadi tidak menarik. Semprotkan aroma jeruk, buat jadwal bermain dengan kucing, serta potong kuku kucing secara berkala. Menarik, kan.

Artikel Lainnya