Banyak yang Salah Kaprah, Tidak ada Istilah Glowing dalam Kedokteran, Penjelasan Dokter Kulit Ternyata...

Nyedulur
  • 18 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Freepik.

Kulit yang cerah menjadi daya tarik setiap wanita Indonesia. Baik yang memiliki jenis kulit putih maupun kecoklatan. Itu sebabnya banywak wanita yang berlomba-lomba mendapatnya kulit yang sehat dan cerah.

Salah satunya adalah kulit glowing yang menjadi buruan banyak wanita Indonesia. Mayoritas wanita Indonesia mencari berbagai cara agar bisa mendapatkan kulit glowing dan cerah.

Seperti mengonsumsi obat-obatan dan nutrisi kulit, melalukan treatment, hingga suntik putih. Nggak hanya itu, sekali suntik putih pun harganya terbilang cukup fantastis.

Padahal diinformasikan Kompas, menurut dr. Calvin Santosa, M. Biomed, SpKK, sebenarnya istilah glowing sangat subjektif dan tidak ada di buku kedokteran.

“Sebenarnya kata glowing itu adalah bahasa media sosial. Namun, kulit glowing adalah di mana ketika tekstur dan kondisi kulit dalam keadaan baik. Jadi, glowing bisa didapatkan oleh pemilik warna kulit apa pun,” katanya

Untuk mendapatkan kulit yang terlihat glowing, tentu saja tekstur kulit harus baik, kebersihan kulit dan juga kelembabannya harus dijaga. 

“Kalau ingin kulitnya glowing bukan memakai pencerah kulit, karena itu tidak ada hubungannya dengan warna kulit,” ujar dokter dari RS. St.Carolus Jakarta ini.

Terkait dengan puasa, menurutnya, tidak makan dan minum selama 12 jam saat berpuasa sebenarnya tidak akan mengganggu kulit. Sebab cadangan air di tubuh masih tersimpan dengan baik.

Pada saat berpuasa dengan asupan kalori yang rendah, memang kolesterol dalam kulit menjadi terganggu, yang mana berfungsi untuk menjaga barrier kulit agar tidak banyak terjadi penguapan.

Untuk mengatasinya, dia menyarankan menggunakan pelembap agar dapat membantu menghidrasi kulit. Jika kulit terhidrasi dengan baik, maka kulit tetap sehat dan glowing.

Tak hanya itu, untuk mencapai kondisi kulit glowing selama berpuasa, Anda perlu tidur yang cukup, tetap berolahraga, menggunakan skincare sesuai dengan kondisi kulit, serta menjaga pola makan dengan asupan yang sehat.

Artikel Lainnya