Banyak yang Nggak Ngerti, ASN dan PNS Itu Beda, Penjelasannya Diatur Undang-undang

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

SUmber Foto: Fajar.

Siapa nih yang berpikiran jika Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Aparatul Sipil Negara (ASN) itu sama? Gaes, keduanya memiliki perbedaan. Setidaknya calon pencari kerja di instansi pemerintahan perlu tahu beda ASN dan PNS.

Perbedaan PNS dan ASN itu tegas diatur undang-undang. Bisa saja dari segi gaji maupun tunjangan hari tua akan ada perbedaan dari keduanya

Mengutip Good News From Indonesia, status ASN dan PNS sudah dijelaskan dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014, yakni tentang Aparatur Sipil Negara, disebut bahwa ASN terdiri atas PNS dan P3K.

Dalam pasal 1 disebutkan, PNS adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, diangkat sebagai Pegawai ASN secara tetap oleh pejabat pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan.

Sementara itu, P3K adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.

Dari segi definisi, jelas bahwa PNS memiliki status sebagai pegawai tetap, sedangkan ASN P3K bekerja hanya dalam jangka waktu yang telah ditentukan di perjanjian kerja.

Perbedaan soal manajemen antara PNS dan ASN P3K juga sudah diatur dalam dua Peraturan Pemerintah (PP) yang berbeda.

Manajemen PNS diatur dalam PP Nomor 17 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, dan diubah dengan PP Nomor 17 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Sementara itu, manajemen P3K diatur dalam PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Adapun poin-poin manajemen PNS yang tidak ada pada manajemen ASN P3K yang menjadi dasar perbedaan keduanya diantaranya, pangkat dan jabatan, pengembangan karier, pola karier, promosi, mutasi, dan jaminan pensiun juga jaminan hari tua.

Artinya, manajemen ASN P3K tidak mengatur poin-poin yang tidak disebutkan di atas dalam pasal 3 PP Nomor 49 Tahun 2018.

Pendek kata, setiap PNS sudah pasti ASN, tetapi setiap ASN belum tentu PNS, karena bisa saja P3K. Soal perbedaan hak misalnya, jika PNS itu mendapat hak pensiun, tapi kalau ASN P3K tidak.

Artikel Lainnya