nyedulur.com

Bangkalan Nyaris Terisolasi, Pohon Tumbang Tutup Akses Suramadu, Ini Penyebabnya

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Fenomena badai La Nina menyebabkan akses dari Bangkalan menuju Surabaya macet total. Begitu juga dengan arah sebaliknya terjadi kemacetan yang parah, Sabtu 21 November 20210.

Berdasarkan keterangan dari BPBD Bangkalan, puluhan pohon tumbang adalah jenis trembesi dan menutup jalan di kedua sisi. Pohon tersebut berserakan dan menghalangi akses dari Bangkalan maupun dari arah Suramadu atau Surabaya.

Dikutip dari Kompas, kemacetan kendaraan dari arah Suramadu mencapai 2 kilometer lebih. Sedangkan dari arah Bangkalan menuju Suramadu atau Surabaya, kemacetannya mencapai 1,5 kilometer.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangkalan, Rizal Murris menjelaskan bahwa penyebab pohon tumbang itu karena angin kencang disertai hujan deras, selama 30 menit lebih.

“Peristiwa ini sudah kami prediksi sebelumnya. Bahkan fenomena La Nina di Bangkalan akan terjadi sampai awal tahun 2021,” kata Rizal Murris dikutip Kompas.

Rizal menambahkan bahwa area sepanjang jalan menuju Suramadu di sisi Bangkalan, merupakan area terbuka dan mudah terjadi angin kencang. Dia juga mengingatkan kepada masyarakat agar waspada.

Artikel Lainnya