Bangga Lahirkan Atlet Balap Sepeda, Jalan Panjang RCC Bangun Komunitas, Usianya Tembus 27 Tahun!

Nyedulur
  • 24 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Main Sepeda.

27 tahun bukan waktu yang singkat membangun komunitas. Perjalanan panjang itu telah dilewati Rinjani Cycling Club (RCC), sejak berdiri pada tahun 1994! Tidak tertutup kemungkinan, RCC merupakan salah satu komunitas balap sepeda tertua di Indonesia.

Salah satu misi RCC bukan sekadar mengumpulkan hobi sepeda. Tapi juga mengasah prestasi. Salah satunya dengan mengantar anggotanya bersaing di level elite.

Hal ini bisa dibuktikan setiap penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON), selalu ada atlet asal RCC yang berasal dari Nusa Tengara Barat (NTB) itu.

“Hampir setiap PON, NTB meloloskan atlet balap sepeda, wakilnya adalah anggota RCC,” kata Adiyasa Kurniawan, pentolan RCC, mengutip Main Sepeda.

Pria yang akrab disapa Dego itu menyebut salah satunya anggotanya, Hidayat Lukman Firdaus, bergabung dengan Customs Cycling Club (CCC) Indonesia. Salah satu hal yang membanggakan bagi komunitas RCC ketika anggotanya bisa berpartisipasi dalam ajang balap elite.

Dengan komunitas yang sudah berdiri selama 27 tahun, anggota RCC cukup kompak. Menurut Dego tidak ada resep khusus bisa mencapai usia hampir tiga dekade itu.

“Di RCC itu lebih ke arah persaudaraan. Ada sistem pembinaan prestasi juga untuk anak-anak muda yang doyan olahraga sepeda. Yang hobi juga ada,” kata pria yang berprofesi sebagai wiraswasta itu.

“Selama saya di RCC lebih banyak sukanya sih, karena nggak pernah ada kata RCC off untuk latihan bareng,” lanjut Dego.

Mereka memiliki jadwal rutin tiga seminggu, yaitu pada Selasa, Kamis, dan Sabtu. Start-nya pukul 16.30 WITA.

Untuk long ride diagendakan sekali dalam seminggu. Sejak awal terbentuk, rute dan titik kumpulnya pun berubah-ubah, tetap di Pendopo Gubernur Nusa Tenggara Barat.

“Setiap latihan biasanya di daerah sekitar Mataram. Main rute 40 kilometer saja. Baru kalau long ride itu bisa sampai jarak 75 kilometer hingga 100 kilometer,” Dego menjelaskan.

Dalam sejarahnya, tahun kelahiran RCC saat itu sedang tren fun bike. Dego menceritakan, RCC dibentuk oleh penghobi sepeda pada masa itu. Dego sendiri bergabung dengan RCC sejak 2007.

Artikel Lainnya