Bahan Makanan Alami Sangat Bagus untuk Kesehatan, Pilihlah Sayur dan Buah yang Beraneka Warna

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Vivaliti

Makanan sehat yang alami semakin sedikit. Sebab di zaman serba modern seperti saat ini gempuran makanan instan dan cepat saji sedikit demi sedikit menggusur makanan sehat. Padahal makanan tersebut bisa memengaruhi kesehatan jika dikonsumsi terus menerus.

Maka dari itu, pastikan Anda selalu mengonsumsi bahan makanan alami. Mulai dari sayuran, buah maupun ikan setiap harinya. Tanpa diolah

Mengutip CNN Indonesia, dokter ahli gizi Sylvia Irawati menjelaskan bahan makanan alami merupakan makanan yang didapat dari alam dan langsung dikonsumsi tanpa melalui proses pengolahan.

Umumnya, bahan makanan alami itu biasanya berupa buah dan sayuran. Menurutnya, proses pengolahan bakal membuat nilai gizi makanan berkurang.

“Sebuah apel punya kualitas nutrisi yang paling baik ketika berada di tempat asalnya, di alam. Ketika apel sudah dipetik, didistribusikan, dan diolah, setiap proses dirstibusi dan pengolahan akan menurunkan kadar gizinya,” kata Sylvia dikutip dari CNN Indonesia.

Sylvia menyebut semakin alami suatu makanan, kandungan gizi di dalamnya mulai dari vitamin, mineral, dan antioksidan akan semakin Bagus.

Nutrisi dari vitamin, mineral, dan antioksidan di dalam bahan makanan alami tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit metabolik.

Antioksidan memiliki sifat antiperadangan yang dapat melindungi seluruh organ tubuh dari kerusakan penyebab penyakit kronik. Nilai gizi ini tak bisa didapatkan dari bahan makanan lain terutama makanan cepat saji.

Sylvia menyarankan setiap orang untuk memasukkan bahan makanan alami ini dalam menu makanan setiap hari.

Rekomendasi dari Kementerian Kesehatan menunjukkan sayuran mesti dikonsumsi 3-4 porsi sehari dan buah-buah 2-3 porsi sehari. Saat ini, data Riskesdas 2018 menunjukkan hanya 4,6 persen orang Indonesia yang memenuhi kebutuhan tersebut.

Agar gizi semakin optimal, Sylvia juga menyarankan agar mengonsumsi bahan makanan alami beraneka warna. Pasalnya, setiap warna mengandung manfaat tersendiri yang tidak ditemukan pada warna lain.

“Makanlah makanan yang berwarna-warni seperti pelangi. karena setiap warna memiliki pigmen yang baik dan sifatnya melengkapi satu sama lain,” Sylvia menjelaskan.

Misalnya, sayuran dan buah berwarna merah mengandung likopen yang baik untuk mencegah kanker. Adapun warna oranye mengandung beta karoten yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Artikel Lainnya