nyedulur.com

Awasi Anak Anak Puber, Ajaklah Dialog dan Perhatikan Hal-hal Ini

Harian Jogja
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Orang tua wajib memantau dan mengetahui tumbuh kembang anak. Utamanya pada saat memasuki pubertas. Perlu ada dialog antara orang tua dengan anak.

Berdasarkan kajian medis, pubertas pada anak perempuan terjadi pada usia 8-13 tahun. Adapun tanda-tandanya adalah pembesaran pada ukuran payudara. Sedangkan pubertas pada laki-laki meliputi pembesaran testis. Yakni pada usia 9-14 tahun.

Dikutip dari Harian Jogja, dokter spesialis anak dr. Aditya Suryansyah mengatakan bahwa hal pertama yang harus dilakukan adalah mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan organ reproduksi.

“Pertama ajarkan tentang kebersihan organ reproduksinya. Kemudian anak perempuan bisa mulai pakai miniset. Ingatkan anak tidak pakai baju transparan lagi,” kata Aditya.

Anak yang mulai pubertas, hormonnya akan berkembang. Sehingga bau badannya pun akan berbeda. Begitu juga dengan pertumbuhan tinggi tubuhnya cukup cepat.

Dokter Aditya mengayakan, sebaiknya orang tua mengingatkan anak agar rajin membersihkan tubuhnya. Termasuk penggunaan deodoran.

“Anak puber badan cepat besar, bau badan khas, jerawatan. Jadi perlu jaga kebersihan. Ini perlu perdampingan,” ujarnya. Berikut tips orang tua untuk anak puber dari dokter Aditya.

Artikel Lainnya