nyedulur.com

Awas! Makanan Ini Bisa Picu Asam Lambung, Apa Saja?

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Medical News Today.

Asam lambung kelihatannya sepele. Sebenarnya bisa menyebabkan risiko kesehatan lain. Umumnya asam lambung disebabkan masalah obesitas, hamil, usia lanjut, dan hernia hiatus.

Penyakit bisa bisa juga disebut gastroesophageal reflux disease (GERD). Yakni penyakit yang terjadi akibat munculnya rasa terbakar di dada dan naik ke kerongkongan.

Selain bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak, gejala penyakit asam lambung juga muncul minimal dua kali dalam seminggu. Seperti nyeri di dada.

Untuk menghindari asam lambung kambuh, ada beberapa makanan yang harus dihindari. Begitu juga dengan pola makan harus tetap dijaga dengan teratur.

Seperti yang dicatat CNN Indonesia, makanan tinggi lemak bisa menimbulkan refluks. Misalnya makanan yang digoreng. Selain itu, makanan tinggi lemak menyebabkan malfungsi lower esophageal sphincter (LES) atau lingkaran otot bagian bawah esofagus.

Esofagus yang tidak berfungsi atau kinerjanya lemah dapat mengakibatkan asam lambung naik kembali dari perut ke kerongkongan.

Kemudian, terlalu banyak mengonsumsi gorengan atau sejenis makanan tinggi lemak lainnya, berpotensi menghambat pengosongan lambung.

Tidak cukup menghindari makanan yang digoreng, beberapa makanan tinggi lemak sebaiknya dihindari. Semisal produk susu yang mengandung lemak.

Sebut saja mentega, susu murni, keju, dan krim asam, jeroan daging sapi, babi, atau daging domba berlemak, lemak bacon, lemak ham, dan lemak babi serta makanan bersantan.

Golongan buah sitrus yang mempunyai nutrisi esensial serta penting sebagai asupan dalam makanan, bisa saja menyebabkan gejala refluks. Terlebih pada buah yang sangat asam.

Jika sering mengalami refluks asam, baiknya memghindari beberapa jenis buah yang berisiko meningkatkan asam lambung. Apa saja, sih?

Artikel Lainnya