Aurel Pilih Jalani ‘Ritual’ Khusus Jelang Nikah, Seminggu Penuh, Apa Sih yang Dilakukannya?

Nyedulur
  • 20 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST/Instagram.

Pernah mendengar puasa mutih atau puasa putih? Benar, banyak yang belum mendengar. Puasa putih atau mutih adalah mengonsumsi makanan serba putih. Nasi putih, air putih, putih telur dan semua makanan berwarna putih.

Langkah ini yang dilakukan Aurel Hermansyah jelang pernikahannya dengan Atta Halilintar pada 3 April mendatang. Putri sulung Anang Hermansyah itu memilih puasa mutih selama sepekan, sejak 27 Maret-2 April.

“Puasa mutih katanya supaya nanti pas nikah manglingi, biar cerah, biar glowing,” kata Aurel dalam video yang dia bagikan.

Lantas apa itu puasa mutih?

Mengutip VIVA puasa mutih, menurut penganut ajaran kejawen adalah puasa yang dilarang makan minum selain nasi putih dan air putih. Istilah puasa mutih ini berasal dari bahasa jawa, yaitu mutih yang bermakna memutihkan.

Secara filosofisnya, seseorang yang melakukan puasa mutih adalah untuk membersihkan hati dan jiwanya serta mendapatkan keberkahan di dalamnya.

Puasa mutih yang biasa dilakukan oleh pengikut tarekat adalah puasa dengan mengonsumsi sekepal nasi putih dan segelas air putih. Tanpa sayur, lauk, atau sesuatu yang berwarna. Karena puasa mutih tidak termasuk dalam kategori puasa syar’i.

Dalam Islam juga diajarkan bahwa puasa terbagi menjadi dua yakni puasa wajib dan sunnah. Puasa wajib dilakukan di bulan Ramadan, sementara puasa sunnah dilakukan di luar bulan Ramadan berdasarkan syariat Nabi Muhammad SAW.

Artikel Lainnya