nyedulur.com

Atasi Rasa Cemas dengan Konsumsi Makanan ini, Menyehatkan dan Menenangkan

Nyedulur
  • 25 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Munculnya rasa cemas atau khawatir kerap dialami sebagian orang. Faktor yang ditimbulkan bisa karena lingkungan, pekerjaan, atau hormon dalam otak yang tidak seimbang. Salah satu cara untuk mengatasi kecemasan dengan pengobatan ataupun olahraga.

Namun ada cara lain untuk mengobati kecemasan. Banyak orang yang melakukannya dengan makan. Tapi cobalah makanan ini yang dirangkum dari Greatist melalui CNN Indonesia.

Masukkan yogurt ke dalam rutinitas pagi untuk mendapatkan dosis probiotik yang bermanfaat bagi otak. Yogurt dapat membantu menurunkan tingkat stres dan kecemasan. Hal ini telah ditemukan dalam sejumlah penelitian.

Anda bisa mengonsumsi yogurt bersamaan dengan buah blueberry segar. Blueberry kaya akan vitamin C dan antioksidan. Menurut penelitian, buah ini termasuk ke dalam makanan untuk mengatasi kecemasan dan depresi.

Jadikan teh hijau sebagai teman saat bekerja di siang hari. Teh hijau mengandung L-theanine, asam amino yang terbukti meredakan kecemasan.

L-theanine menghasilkan efek menenangkan sambil merangsang dopamin, kadar GABA, dan serotonin di dalam otak yang bertanggung jawab untuk meningkatkan suasana hati.

Sayuran hijau seperti bayam atau kangkung memiliki kekuatan super yang dapat membantu mengurangi kecemasan. Itu sebabnya bayam digambarkan sebagai makanan sakti yang dikonsumsi Popeye.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bayam memiliki sifat anti-cemas dan anti-depresi. Hal yang sama juga ditemukan pada kangkung lewat kandungan antioksidannya.

Beberapa jenis sayuran hijau lain yang juga kaya akan antioksidan di antaranya kubis, sawi, dan selada.

Jadikan kacang almond sebagai makanan ringan di siang hari. Seperti alpukat, almond kaya akan vitamin B yang mendukung fungsi otak dengan menyeimbangkan neurotransmitter dan menghilangkan stres.

Kacang satu ini juga mengandung banyak magnesium, yang diketahui dapat menurunkan kecemasan. Dalam 1 ons almond mengandung hampir 20 persen kebutuhan magnesium harian. Satu lagi adalah coklat hitam. Coklat yang pekat. Manfaatnya bisa buka di sini.

Artikel Lainnya