nyedulur.com

Aseeek....Kemendikbud Usul Jalur Rempah Jadi Warisan Budaya Unesco, Dipamerkan di Ruang Digital

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Kuliner Indonesia khas dengan berbahan dan bumbu rempah. Hal itulah yang menjadi cita rasa keunikan masakan Indonesia.

Sebut saja rendang, soto, sate ayam, coto makassar, pecel, gulai, dan makanan lain, selalu menggunakan rempah-rempah saat memasak. Tak ayal rasanya benar-benar komplit.

Tak hanya itu rempah-rempah juga bermanfaat untuk pengobatan. Bahkan bisa juga dijadikan bahan minuman untuk menghangatkan badan. Tak ayal banyak negara Eropa ingin menguasai hasil alam bangsa ini.

Rempah adalah salah satu kekayaan warisan yang sampai saat ini masih jadi sumber penghasilan Indonesia. Itulah sebabnya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI mengaggas program jalur rempah demi mendorong pelestarian dan pemahaman sejarah rempah.

Dilansir dari Liputan6, pembelajaran sejarah jalur rempah diusulkan ke Unesco. Setidaknya jalur rempah bisa menjadi Warisan Budaya Dunia. Kemendikbud berharap sejarah rempah harus punya nilai universal.

Sebagai perpanjangan tangan usaha tersebut, organisasi non-profit Yayasan Negeri Rempah turut menghadirkan pameran virtual 3D bertajuk "Semesta Rempah."

“Semesta Rempah adalah ruang publik untuk memahami sejarah rempah. Kami membangun ruang ini dengan dukungan berbagai elemen komunitas,” ungkap Ketua Yayasan Negeri Rempah, Kumoratih Kushardjanto dalam jumpa pers daring, Selasa 17 Oktober 2020.

Pemeran virtual ini sudah rilis sejak 16 November 2020. Menurut rencana pameran ini akan berjalan selama satu tahun. Catat tanggal penutupannya.

Artikel Lainnya